h1

PENGARUH PELAKSANAAN PROGRAM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA PERAWAT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH WATES TAHUN 2008

5 Mei 2009

Oleh : Lucky Dian Wijayanti

ABSTRAKSI

Program keselamatan dan kesehatan kerja di Rumah Sakit Umum Daerah Wates dikakukan secara informal atau konfensi. Kemudian dalam pelaksanaan program K3 yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah Wates masih belum dijalankan dengan baik, hal ini terlihat pada lingkungan sekitar rumah sakit yang masih kotor dan pada ruang kerja karyawan terutama ruang jaga dan dapur perawat. Kemudian peneliti juga menemukan contoh kecelakaan kerja karena ada beberapa perawat yang pada saat bekerja tidak menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) seperti sarung tangan, masker dan sepatu. Yaitu seorang perawat tertular penyakit dan terkena jarum suntik pada saat memasukkan obat kedalam infus dan menyuntik pasien.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelaksanaan program keselamatan dan kesehatan kerja terhadap prestasi kerja perawat yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah Wates Tahun 2008. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif yang menggunakan rancangan cross sectional. Pengolahan dan analisa data menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Sampel penelitian adalah 100 perawat dengan jumlah populasi 132 perawat, dengan tingkat signifikan 5 %. Adapun yang menjadi variabel bebas adalah keselamatan dan kesehatan kerja dan variabel terikatnya prestasi kerja perawat.

Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh nilai konstanta (a) =15,641 sehingga dapat dirumuskan persamaan regresinya yaitu Y = 15,641 + 0,373X1 + 0,318X2. Nilai F hitung > F tabel (28,054> 3,090) ini menunjukkan bahwa dari variabel independen (keselamatan dan kesehatan kerja) secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap variabel dependen (prestasi kerja perawat) di Rumah Sakit Umum Daerah Wates. Dan dari uji t menunjukkan koefisien regresi dan t hitung. Untuk keselamatan kerja sebesar (b = 0,373, t = 3,809) dan kesehatan kerja  (b = 0,318, t = 3,513). Hal ini menunjukkan bahwa keselamatan kerja mempunyai pengaruh yang paling dominan dibandingkan dengan kesehatan kerja.

Kata kunci : Keselamatan kerja, kesehatan kerja dan prestasi kerja.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

4 komentar

  1. minta cntoh skripsinya yg lbh lengkaap…..
    trmaksih


  2. saya boleh minta tolong dikirimi file skripsi yang lengkap ndak???Boleh ya….plisss….tolong d kirim ke e mail saya nggih…..makasih…..


  3. mau nyari ttg alat pelindung diri masker selengkap-lengkapnya…
    kesulitan nyari sumber,,
    kemaren diprotes krn masih pake sumber yang lama…
    bisa bantu saya???


  4. saya ingin melihat teori tentang k3?
    bisa dikirim ke email saya….



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: