h1

PENGARUH PEMBERIAN IMUNISASI DPT TERHADAP PERUBAHAN SUHU TUBUH PADA BAYI USIA 2-11 BULAN DI PUSKESMAS KOTA GEDE II YOGYAKARTA

15 Juli 2009

INTI SARI

FITHRIA FUADZATI NURHAMIDI

Penyakit difteri, pertusis dan tetanus (DPT) merupakan penyakit menular yang masih menjadi masalah kesehatan di Indonesia. Oleh karena itu, Departemen Kesehatan bersama dengan WHO menetapkan vaksinasi DPT sebagai Imunisasi wajib bagi balita secara nasional. Walaupun vaksin DPT yang telah ada saat ini cukup ampuh untuk melindungi penyakit DPT, efek sampingnya masih menjadi kendala. Efek sampingnya yaitu gejala kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) setelah pemberian suntikan seperti demam.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian imunisasi DPT terhadap perubahan suhu tubuh pada bayi usia 2-11 bulan. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Kota Gede II Yogyakarta pada bulan November sampai Desember 2007

Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperiment yaitu dengan rancangan pra eksperiment (pre eksperiment designs) yaitu dengan menggunakan rancangan one group Pretest – Postest Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Non Probability Sampling dengan teknik Accidental Sampling, sejumlah 30 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dengan pengumpulan data secara langsung. Analisa data menggunakan Paired T-test dengan batas kemaknaan p <0,05.

Uji statistic menunjukkan harga t-hitung = -14,533 artinya Ho ditolak dan menunjukkan adanya pengaruh yang bermakna antara pemberian imunisasi DPT terhadap perubahan suhu tubuh pada bayi usia 2-11 bulan.

Kata Kunci : Pemberian imunisasi DPT, Perubahan suhu tubuh

4 komentar

  1. bgmna cara mendownload jurnal ini?


  2. boleh minta jurnalnya makasiii


  3. saya tertarik dengan judul skripsi ini,bgmn caranya sy bs downlood skrepsi ini


  4. gimana cara saya bs download skripsi ini?



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: