h1

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG ANTENATAL CARE DENGAN KEPATUHAN ANTENATAL CARE DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PLERET KECAMATAN PLERET KABUPATEN BANTUL TAHUN 2010

3 Februari 2012

INTISARI

 Desyana Aisyah Prihandini

 Menurut SKDI 2005 diperoleh data angka kematian Ibu (AKI) di Indonesia saat melahirkan tercatat 307 per 100.000 kelahiran hidup. Penyebab langsung yang berkaitan dengan kematian ibu adalah komplikasi pada kehamilan, persalinan dan nifas yang tidak tertangani dengan baik dan tepat waktu. Untuk meminimalisir hal tersebut, maka pemeriksaan kehamilan atau antenatal care sangat dibutuhkan. Di sisi lain, tercapainya target antenatal care tidak lepas dari peran ibu hamil itu sendiri. Pengetahuan ibu hamil mengenai antenatal care diharapkan akan mendorong ibu hamil untuk lebih patuh dalam melakukan pemeriksaan kehamilan.

Diketahuinya hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang antenatal care dengan kepatuhan ibu hamil dalam melakukan antenatal care di wilayah kerja Puskesmas Pleret, Bantul.

Penelitian dengan metode deskriptif analitik. Menggunakan pendekatan waktu cross sectional. Subjek penelitian adalah ibu hamil yang memeriksakan kehamilan di wilayah kerja Puskesmas Pleret, Bantul. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. Uji statistik menggunakan rumus Kendall’s Tau.

Menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan ibu tentang antenatal care dengan kepatuhan ibu hamil dalam melakukan antenatal care di wilayah kerja Puskesmas Pleret, Bantul yang dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dengan rumus Kendall’s Tau diketahui bahwa koefisien korelasi yang dihasilkan sebesar 0,402 pada signifikansi 0,023 dimana signifikansi tersebut lebih kecil dari 5% (sig. p 0,023<0,05).

 Terdapat hubungan yang positif dan sangat bermakna sebesar 0,402 atau 40,2% antara tingkat pengetahuan ibu tentang antenatal care dengan kepatuhan ibu hamil dalam melakukan antenatal care di wilayah kerja Puskesmas Pleret, Bantul.

 Kata Kunci : Pengetahuan, Atenatal Care, Kepatuhan Antenatal Care

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

 

9 komentar

  1. setelah membaca intisarinya saya sangat tertarik dgn skripsi ini tlg krim k akun facebook sya


  2. bisa tlong kirimkan lebih lengkapnya ke email saya?
    thanks before


  3. saya ingin mengetahui tentang skripsi di atas cz saya tertarik untuk membacanya


  4. bisa tidak kalau seluruh file dikirim bukan cuma judul aja


  5. sepertinya menarik bisa dikirimm ke ke fb saya iis bee


  6. saya tertarik untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang artikel ini
    mohon dikirim ke email saya


  7. Saya tertarik dengan Artikelnya dan mohon dikirim untuk lebih lengkapnya ke alamat email saya Terima kasih


  8. artikel di atas bagus banget…mohon di kirim ke email saya….


  9. setelah membaca intisari mengenai skripsi diatas,sy tertarik untuk mengetahui lebih lengkap.mohon dikirimkan.



Tinggalkan komentar