h1

HUBUNGAN TINGKAT PENDAPATAN KELUARGA DENGAN STATUS GIZI BALITA USIA 3 – 5 TAHUN DI PUSKESMAS SEYEGAN KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN 2011

3 Februari 2012

INTISARI

Icha Nobita Sari

Latar Belakang: Status  gizi  anak  balita  merupakan  indikator  dalam  mengukur  status  gizi masyarakat. Berbagai faktor yang mempengaruhi status gizi pada balita antara lain kurangnya persediaan pangan, kurang baiknya kualitas lingkungan, kondisi sosial ekonomi dan budaya keluarga seperti pola asuh keluarga dan pendapatan keluarga.

Tujuan: Untuk mengetahui hubungan tingkat pendapatan keluarga dengan status gizi balita usia 3-5 tahun di Puskesmas Seyegan tahun 2011.

Metode: Penelitian dengan metode deskriptif analitik. Menggunakan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Alat ukur yang digunakan adalah wawancara untuk mengukur tingkat pendapatan dan lembar terbuka dengan baku rujukan WHO-NCHS untuk mengukur status gizi balita. Analisa uji statistik menggunakan rumus Kendall’s Tau.

Hasil: Menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara tingkat pendapatan keluarga dengan status gizi balita di Puskesmas Seyegan, Sleman Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dengan rumus Kendall’s Tau yang menunjukkan bahwa koefisien korelasi yang dihasilkan sebesar 0,292 pada signifikansi 0,007 dimana signifikansi tersebut lebih kecil dari 5% (sig. p 0,007<0,05).

Kesimpulan: Terdapat hubungan yang positif sebesar 0,292 atau 29,2% antara tingkat pendapatan keluarga dengan status gizi balita di Puskesmas Seyegan, Sleman Yogyakarta.

 Kata Kunci : Pendapatan keluarga, Status Gizi

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

 

10 komentar

  1. bisa minta jurnalnya gak????


  2. Selamat malam mba.. saya Sisca dari Jakarta, ingin mengadakan pengamatan , dan saya membutuhkan datta ini, apa boleh sya dishareka jurnal ini ke email sya, terima kasih.


  3. mb bisa dikirim ke email sy gk mb ? butuh 😦


  4. assalamu alaikum wr.wb,boleh ga dikrm failx yg lngkap ke email saya….terima ks atas bantuannya……..


  5. Liat file nya yg lengkap dong….!!!


  6. tolong aku yah??? boleh krim file skripsi.nya ke email sya. mau liat. tolong yah,,,,


  7. tolong aku


  8. wss.wr.wb
    e-mail mbk eah


  9. jurnal tentang kebidanan yang lengkap dunk??


  10. assl wr wb, boleh ya, dikirimi filenya ke e-mail saya. terima kasih bantuannya



Tinggalkan komentar