h1

HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN IBU HAMIL PRIMIGRAVIDA DENGAN PENGETAHUAN TENTANG PEMERIKSAAN ANTENATAL CARE (ANC) DI BPS SRI MARTUTI PIYUNGAN BANTUL TAHUN 2011

4 Februari 2012

INTISARI

Eni Arnita

Latar Belakang: Berdasarkan Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2007, angka kematian maternal di Indonesia mencapai 228/100.000 kelahiran hidup. Pelayanan antenatal care (ANC) merupakan pelayanan yang diterima wanita selama kehamilan dan sangat penting dalam membantu memastikan bahwa ibu dan janin selamat dalam kehamilan dan persalinan. Tingkat pengetahuan tentang pemeriksaan kehamilan/ANC mempunyai peranan yang penting dalam upaya mendeteksi secara dini status kesehatan ibu hamil. Salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat pengetahuan adalah tingkat pendidikan

Tujuan: Untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan ibu dengan pengetahuan tentang pemeriksaan ANC di BPS Sri Martuti, Piyungan, Bantul Tahun 2011.

Metode: Penelitian dengan metode deskriptif analitik. Menggunakan pendekatan waktu cross sectional. Subjek penelitian adalah ibu primigravida yang melakukan pemeriksaan kehamilan di BPS Sri Martuti Piyungan Bantul. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. Uji statistik menggunakan rumus Kendall’s Tau.

Hasil: Menunjukkan ada hubungan antara tingkat pendidikan ibu hamil primigravida dengan pengetahuan tentang pemeriksaan antenatal care di BPS Sri Martuti Piyungan Bantul yang dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dengan rumus Kendall’s Tau diketahui bahwa koefisien korelasi yang dihasilkan sebesar 0,376 pada signifikansi 0,013 dimana signifikansi tersebut lebih kecil dari 5% (sig. p 0,013<0,05).

Kesimpulan: Terdapat hubungan yang positif dan sangat bermakna sebesar 0,376 atau 37,6% antara ada hubungan antara tingkat pendidikan ibu hamil primigravida dengan pengetahuan tentang pemeriksaan antenatal care di BPS Sri Martuti Piyungan Bantul.

Kata Kunci : Pendidikan, Primigravida, Pengetahuan, Atenatal Care

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

Tinggalkan komentar