h1

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECEMASAN IBU HAMIL TRIMESTER III MENJELANG PERSALINAN DI RSUD REMBANG JAWA TENGAH 2008

1 Mei 2009

Oleh : Agus Wakhit

ABSTRAKSI

Latar Belakang: Kecemasan dapat ditimbulkan oleh beberapa faktor dan salah satunya dikarenakan kurangnya dukungan dan support dari keluarga sehingga menyebabkan rasa khawatir menjelang persalinan pada ibu hamil trimester III yang memeriksakan kandungannya dan berkunjung di RSUD Rembang  Jawa Tengah.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara pengetahuan, psikologi, ekonomi, dukungan keluarga dan pengalaman dengan tingkat kecemasan  pada ibu hamil trimester III menjelang persalinan

Metode: Penelitian ini adalah menggunakan metode deskrptif analitik dan jenis pendekatan Cross Sectional. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner tetutup tentang factor cemas yang berjumlah 25 item dengan menggunakan skala likert dan kuesioner untuk mengetahui tingkat kecemasan dengan menggunakan Anxiety Analog Scale (AAS) yang berjumlah 6 item. Subjek penelitian adalah 35 ibu hamil trimerter III yang memeriksakan kandungannya dan berkunjung di RSUD Rembang Jawa Tengah dengan metode purposive sampling. Analisa data menggunakan uji statistic” Regresi Linear Berganda”.

Hasil: Hasil penelitian dengan uji parsial didapatkan hasil pengetahuan: -2,976, psikologi: -5,363, dukungan keluarga: -2,374. ekonomi: -2, 652 dan pengalaman: -2,270.

Kesimpulan: Pengetahuan, psikologi, ekonomi, dukungan keluarga, pengalaman setelah dilakukan uji f dan uji t mempengaruhi tingkat kecemasan pada ibu hamil trimester III Menjelang persalinan di RSUD Rembang Jawa Tengah.

Kata kunci : Pengetahuan, Psikologi, Ekonomi, Dukungan keluarga, Pengalaman, Tingkat kecemasan.
Ingin dapat lengkapnya hubungi :  stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan anda

17 komentar

  1. Mohon teks selengkapnya donk…


  2. kebetulan saya butuh untuk bahan referensi skripsi saya, bisa full textnya??


  3. MOHON TEKSNYA DONK


  4. boleh minta full teks”a ga


  5. ersi lengkapnya dong. daftar pustakanya apa aja


  6. mas agus boleh minta full textnya sekalian kuesionernya? trimakasih


  7. mas agus kalau saya minta full textnya sekalian kuesionernya boleh ngak? ditunggu….trim


  8. Boleh minta tolong contoh quesioner pengukuran stress pada ibu hamil??


  9. saya mau proposal ini. saya mau sekali mendapatkan materi lengkapnya. bgmn caranya??saya perlu sekali.tks


  10. saya mau proposal ini. saya mau sekali mendapatkan materi lengkapnya. bgmn caranya??tks


  11. sy tertarik dg judul ini
    mau dong teks slengkapnya


  12. ada yang lebih jelas utuk di pelajari tentang faktor2 kecemasan ibu hamil dalam masa persalinan


  13. di tunggu info lengkapnya, segera !


  14. Bisa minta full teksnya, lg perlu bgt. Terimakasih


  15. blh dong versi full textnya……


  16. waaahh kebetulan, saya lagi butuh bahan bt skripsi saya. kalo mo dpt full textnya gmn caranya?


  17. Mas agus materinya lengkapnya kok ndak dimuat , aku ingin sekali mendapatkan materi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kecemasan pasien .



Tinggalkan komentar