h1

PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG DIARE TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP MURID DALAM PENCEGAHAN DIARE DI SD NEGERI GLINGGANG I PRACIMANTORO KABUPATEN WONOGIRI

3 Mei 2009

SUYANTO

ABSTRAKSI

Latar Belakang : Diare merupakan salah satu penyakit menular dengan potensi wabah tinggi dan dapat menyebabkan kematian.

Tujuan Penelitian : untuk mengetahui apakah ada pengaruh pendidikan kesehatan tentang diare terhadap pengetahuan sikap murid dalam pencegahan diare di SDN Glinggang I Pracimantoro Kabupaten Wonogiri .

Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen atau experiment research. Populasi penelitian ini siswa di Sekolah Dasar Negeri I Glinggang sebagai responden dengan jumlah 96 murid semua sebagai responden (total sampling). Adapun rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group PretesttPosttest Design.

Hasil Penelitian : Ada peningkatan pengetahuan responden setelah menerima pendidikan kesehatan tentang penyakit diare dengan rata-rata pada pengukuran pertama sebesar 1,2917 dan pada pengukuran kedua sebesar 2,0729. Ada peningkatan sikap responden setelah menerima pendidikan kesehatan terhadap penyakit diare dengan rata-rata pada pengukuran pertama sebesar 1,0208 dan pada pengukuran kedua sebesar 1,4167. Ada pengaruh pendidikan kesehatan tentang diare terhadap pengetahuan dan sikap murid dalam pencegahan diare di SDN I Glinggang Pracimantoro Wonogiri dengan nilai p value sebesar 0,000 < a (0,05).

Kata kunci : pendidikan kesehatan, diare, pengetahuan, sikap

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

11 komentar

  1. Maaf. Saya mintak tolong untuk mengirimkan file judul skripsi ini Karena saya butuh untuk literatur skripsi saya. Tolong kirimkan ke e-mail saya


  2. Maaf, saya mintak tolong kirim file judul skripsi INI karena saya but uh until literatur skripsi saya


  3. kak bisa krimin ke saya gak karya tulisnya secara lengkap ?
    saya perlu buat KTI …


  4. mohon dikirimkan file lengkapnya. judul ini cukup bagus. makasih atas bantuannya.


  5. faktor2 yg mempengaruhi pengetahuan anak SD tentang perawatan diri apa aja ya n sumbernya dr mn?


  6. apakah sy bisa mendapatkannya secara lengkap, tolong kirimkan ke email sy… terima kasih


  7. saya mohon untuk dikirimkan karya tulis saudara ke alamat email saya


  8. saya tertarik deg artikel yag saudara buat,,
    kalau anda bersedia tolong krim ke e-mail saya..

    trims sebelumnya


  9. kirim ke email saya dunk…
    trimakasih


  10. mbak saya tertarik dengan karya tulis mbak…apa saya bisa minta yang lengkap?kalo bisa caranya gemana?trima kasih…


  11. mohon secara lengkap artikel di atas
    terima kasih



Tinggalkan komentar