h1

PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG HIV/AIDS TERHADAP SIKAP REMAJA DALAM MENCEGAH TERINFEKSI HIV/AIDS DI PONDOK PESANTREN AL-KHOEIYAH CIHERANG CIBEUREUM TASIKMALAYA JAWABARAT

3 Mei 2009

OLEH : NURHABIBAH

ABSTRAKSI

AIDS disebut dengan Aquirid Immunodeficiency Syndrome, adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yaitu HIV yang artinya “bisa merusak sistem kekebalan tubuh manusia” ( Vrisaba, 2001). Penularan HIV melalui hubungan seks, transfusi darah, dan transpalasi organ yang tercemar virus HIV, jarum suntuik yang sudah terkontaminasi oleh virus dan dari ibu hamil yang dikandungannya. (Muninjaya, 1999). Sepertiga penderita HIV/AIDS diseluruh dunia adalah remaja penduduk usia15-24 tahun yang menderita HIV/AIDS (PKBI, 2003).

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang HIV/AIDS terhadap sikap remaja dalam mencegah terinfeksi HIV/AIDS sebelum dan setelah diberikan pendidikan kesehatan.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan menggunakan rancangan penelitian pra-eksperimen dengan rancangan pre-post test dalam satu kelompok (one-group pre-post test desigen). Penelitian ini dilakukan di Pesantren Al-Khoeriyah Ciherang Cibeureum Tasikmalaya Jawa Barat. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dengan jumlah 60 responden remaja usia 12-25 tahun. Pengambilan data dilakukan pada bulan Mei sampai Juni 2008. Analisis data dengan menggunakan paired T-test.

Hasil hipotesis uji beda (paired T-test) diperoleh t-hitung = -9,120 dengan signifikansi (α) = 0,05. ini menunjukkan adanya pengaruh pendidikan kesehatan tentang HIV /AIDS terhadap sikap remaja  dalam mencegah terinfeksi HIV/AIDS.

Semakin banyak memberikan penyuluhan kepada remaja tentang pencegahan penyakit HIV/AIDS maka semakin baik sikap remaja dalam mencegah terinfeksi HIV/AIDS.

Kata kunci: Pendidikan Kesehatan, Sikap Remaja, Infeksi HIV/AIDS

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

23 komentar

  1. mbak hbat ya bsa bkin artikel tntang HIV


  2. bisa gak dapat skripsinya lebih lengkap? soalnya lg susun skripsi tentang peran pendidikan daan perilaku terhadap klien hiv/aids..mksh


  3. skripsi ini sangat menarik, bisa gak tolong dikirim ke alamat e-mailku lengkap dengan penelitiannya yach…terimakasih..


  4. GMNA NI MBAK CRA DPETIN FILE NYA,


  5. Mbag,, tolong donk kirimin soft copyna yaa<< balaz


  6. sy sedang menyusun skripsi dg kasus yang hampir sama, apa boleh sy meminta softcopy lengkap penelitian ini utk sy jdkan referensi?
    andaikan blh bs dikirim ke email sy, sbg ucapan terima kasih akan sy lampirkan pada daftar pustaka…


  7. Gimana caranya dptin file ini mb? terimakasih 🙂


  8. gmn cara dapetin file ini mb?? terimakasih 🙂


  9. Cara mendapatkan file ini gmn ya? terimakasih 🙂


  10. Gimana cara dpt tulisan ini selengkap’a?? terimakasih 🙂


  11. Mba bolehkan saya mendapatkan tulisan ini selengkapnya ?? matur suwun mba


  12. GMANA CARAX BIAR BISA DAPET FILE INI SCRA LENGKAP


  13. TOLONG DI LENGKAPI YA KARNA AKU ADA RENCANA MAU PNELITIAN HAMPIR MIRIP GIGI JUDULX HEHE
    BAGEMANA CARAX UNTUK BISA DAPAT FILE INI DENGAN LENGKAP


  14. saya minta lengkap dengan penelitiannya sekalian….


  15. Mba saya tertarik skali boleh ngga minta sor copy lengkap


  16. Mhn secepatnya balasan bgm untuk mendapatkan file ini selengkapnya


  17. mbak boleh minta soft copy nya gak???


  18. skripsi ne menarik utk dibaca,kbetulan proposal saya ttg pendkes sadari,pling g skripsi mba bsa djadikan acuan..lo bleh krim ke e-mail q n lngkap dg pnelitiannya ya,,,thank’s


  19. asslkm
    mb sy lagi btuh banyak referensi ntuk penyusunan skripsi yg tempuh skr,boleh g sy mnt soft copy dg mngirimkan ke e-mailku???
    maksih….
    wasslkm


  20. menarik sekali ….
    boleh gak saya melihat lebih lengkapnya, mungkin saya bisa kembangkan lagi di kota saya..
    terimakasih.


  21. boleh kah saya mendapatkan skripsi ini saya tertarik sekali hatur nuhun


  22. mbak NURHABIBAH boleh ndak saya minta softcopinya dunk
    mohon bantuannya…
    Thank be 4


  23. skripsi ini sangat menarik, bisa gak tolong dikirim ke alamat e-mailku lengkap dengan penelitiannya yach…terimakasih..



Tinggalkan komentar