h1

PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG HIV/AIDS DI WILAYAH PEDUKUHAN DALEMAN GILANGHARJO PANDAK BANTUL YOGYAKARTA

3 Mei 2009

Oleh: Sri Mariyani

ABSTRAKSI

Latar Belakang. HIV/AIDS telah menjadi perhatian serius bagi setiap negara di dunia tak satupun negara yang dapat mengklaim negaranya bebas dari HIV/AIDS. Perkembangan kasus HIV/AIDS di Indonesia sudah sampai pada tingkat yang mengkhawatirkan. Penyebaran infeksi yang dominan ada pada kelompok remaja karena masih rendahnya pengetahuan remaja tentang cara melindungi diri dari penularan HIV/AIDS. Sehingga sangat dibutuhkan penyuluhan kesehatan untuk meningkatkan pengetahuan remaja.

Tujuan. Mengetahui Bagaimana Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Tentang HIV/AIDS di Wilayah Pedukuhan Daleman Gilangharjo Pandak Bantul Yogyakarta.

Metode Penelitian. Jenis penelitian adalah intervensi dengan rancangan one group pre tes post tes desain, populasi sebanyak 76 orang diambil sampel dengan metode purposive sampling. Didapatkan responden dengan jumlah 40 orang dengan metode pengambilan data primer melalui pengisian kuisioner pengetahuan dan sikap.

Hasil. Jumlah responden dengan pengetahuan tinggi meningkat sebanyak 19 orang/ sebesar 47,5 % dan jumlah responden dengan sikap mendukung meningkat sebanyak 12 orang/ sebesar 30 %.

Kesimpulan. Ada pengaruh penyuluhan kesehatan terhadap pengetahuan sebesar t = – 11, 628 dan sikap sebesar t = – 9, 010 dengan harga P= 0,000 (P< 0, 05) Ho ditolak. Ada beda rata-rata antara sebelum dan sesudah pemberian penyuluhan kesehatan.

Kata kunci : Penyuluhan, Kesehatan,Pengetahuan, Sikap,  HIV/AIDS.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

4 komentar

  1. saya sudah kirim pesanan via email


  2. minta tolong dikirimkan skripsi yang lengkap mohon bantuannya ya….


  3. mbak saya minta tolong dikirimkan skripsi yang lengkap mohon bantuannya ya….
    Thank be 4


  4. kalau ingin dapat lengkapnya saya harus bagaimana ??



Tinggalkan komentar