h1

PENGARUH TERAPI BERMAIN DENGAN TEHNIK BERCERITA TERHADAP KECEMASAN AKIBAT HOSPITALISASI PADA ANAK PRA SEKOLAH DI RUANG PERAWATAN ANAK RSUD KOTA YOGYAKARTA

3 Mei 2009

Oleh: Eka Suryaning Tyas

ABSTRAKSI

Latar Belakang: Pada anak yang dirawat akan muncul tantangan-tantangan yang harus dihadapinya seperti mengatasi suatu perpisahan, penyesuaian dengan lingkungan yang asing baginya, penyesuaian dengan banyak orang yang mengurusinya, dan kerapkali harus berhubungan dan bergaul dengan anak-anak yang sakit serta pengalaman mengikuti terapi yang bagi anak-anak menyakitkan. Secara psikologis membaca atau bercerita merupakan salah satu bentuk bermain yang paling sehat.

Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh pemberian terapi bermain dengan tehnik bercerita terhadap kecemasan akibat hospitalisasi pada anak pra sekolah yang dirawat di ruang perawatan anak RSUD Kota Yogyakarta.

Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian Pra eksperiment dengan menggunakan one group pre-post test design terhadap suatu kelompok tanpa kontrol.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan pada pemberian terapi bermain dengan tehnik bercerita terhadap kecemasan akibat hospitalisasi pada anak pra sekolah di ruang perawatan anak RSUD Kota Yogyakarta

Kesimpulan: Hasil uji beda wilcoxon, dengan z hitung sebesar -4,025 dan Aasym sig nya sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa nilai p< 0,050 yang berarti ada beda yang sangat signifikan antara sebelum dan sesudah anak pra sekolah yang mengalami kecemasan akibat hospitalisasi diberi terapi bermain dengan tehnik bercerita.

Kata Kunci: Terapi Bermain, Tehnik Cerita, Kecemasan, Hospitalisasi

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

20 komentar

  1. Minta tolong file lengkapnya ya
    thanks banyak


  2. Bisa minta file lengkapnya ga ya?? butuh sebagai pembanding skripsi dengan judul yang hampir sama. Terima kash


  3. Minta tolong file lengkapnya ya
    thanks banyak ya


  4. file lengkapnya ada gak kak ?


  5. aslmkm kak boleh minta file lengkapnya? untuk membantu skripsi saya,makasih 🙂


  6. mintak file lengkap ny donk…
    kirim k email sya ya tnkss


  7. asslm…saya nur magfirah mahasiswa dari UIT makassar,
    bisa g sy minta file lengkapx k..
    soalx skripsi saya judulxsama,
    sebagai perbandinganx k,,bisa kirim ke email sy,,
    trimakasih atas partisipasix.saya tunggu secepatx k,,
    skali ge trmakash banyk.wslm


  8. tlg bs sy minta skripsi selengkapnya ????please sy tgg,trimaksh


  9. saya bisa liat file selengkapnya..?
    mnta tolong kirimkan datanya, ya..
    smg bs mjd acuan dalam penelian saya.
    trmksh sebelumnya


  10. assalamualaikum kk, gmn cara ngliat file lengkapnya yach,
    bisa minta tlg d’kirim lwt email sy kk,
    qlu bisa scepatnya

    mksii sblm’x


  11. kakak saya pengen baca file lengkapnya tolong dikirim ke email saya ya, klo bisa secepatnya ya ka…makasih banyak sebelumnya.


  12. saya pengen dapat file lengkapnya, bisakah dikirim ke email saya….


  13. saya pengen tau isi lengkap penelitian tentang pengaruh bermain dengan tehnik bercerita ini,mohon kak dikirim ke email saya.


  14. saya pengen file lengkapnya….gimana caranya…


  15. gimana ya cara dapetin skripsi lengkapnya……..???PENGARUH TERAPI BERMAIN DENGAN TEHNIK BERCERITA TERHADAP KECEMASAN AKIBAT HOSPITALISASI PADA ANAK PRA SEKOLAH DI RUANG PERAWATAN ANAK RSUD KOTA YOGYAKARTA


  16. Hai…
    I’m malaysian student in caunselling, can i have this full artical??


  17. siang k…minta tolong dong di kirimin yang lengkapnya ke alamat emailq klo bisa secepatnya makasih sebelumnya.


  18. Slamat pagi…
    kakak saya lili, mahasiswa PSIK UGM.
    Saya ingin sekali membaca hasil penelitian ini lebih lengkap. bolehkah kakah kirim ke email saya. Terimakasih sebelumnya.


  19. gw pengen dapat file lengkapnya tolog di krim di email saya…thanks


  20. untuk dptin file yg lengkpX gmn y… tlg dikirim ke alamat email Q. klo bs secptX. mksh



Tinggalkan komentar