h1

PENGARUH TERAPI MUSIK KLASIK TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA PASIEN PRE OPERASI DI RSUP DR SOERADJI TIRTONEGORO KLATEN

3 Mei 2009

NI PUTU MEGA PRATIWI

ABSTRAKSI

Latar Belakang  : Cemas merupakan perasaan tidak pasti dan tidak berdaya, dialami secara subyektif dan dikomunikasikan dalam hubungan interpersonal. Tingkat kecemasan dapat diatasi dengan teknik distraksi, salah satunya dengan mendengarkan musik, khususnya musik klasik. Musik klasik telah menunjukkan memiliki efek terendah bagi jantung, penurunan rasa alami kecemasan. Di RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro Klaten diperoleh 8 pasien pre operasi mengalami kecemasan, 3 diantara 8 orang pasien mengaku mengalami peningkatan tekanan darah.

Tujuan  : Mengetahui pengaruh terapi musik klasik terhadap tingkat kecemasan pasien pre operasi, diketahuinya tingkat kecemasan pasien sebelum dan sesudah diberikan terapi musik klasik. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen dengan rancangan pra- pasca test dalam satu kelompok. Sampel penelitian ini adalah 31 responden (pasien pre operasi). Data dikumpulkan dengan mengisi kuesioner (HARS). Pengolahan data dengan uji paired t-test.

Hasil  : Terapi musik klasik mempunyai pengaruh terhadap tingkat kecemasan pre operasi, dimana sebelum diberikan terapi musik klasik 20 pasien mengalami kecemasan ringan yaitu 64,5 %, 11 orang mengalmi cemas sedang yaitu 35,5 %, setelah diberikan terapi musik 19 pasien tidak mengalami kecemasan yaitu 61 %, dan 12 orang mengalami cemas ringan yaitu 39 % responden.

Kesimpulan  : Ada pengaruh antara pemberian terapi musik klasik terhadap tingkat kecemasan pasien pre operasi, dengan hasil t hitung = 14,838 untuk df = 30 sedangkan t tabel = 1,696 dan nilai signifikan 0,000.

Kata Kunci  : Terapi musik klasik, Tingkat kecemasan.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

18 komentar

  1. maaf sblumnya,, bleh sya mnta filenya secra lengkp..krna sy tertrik sekali untuk mengethuinya..mohon bntuannnya….


  2. tolong bntuannya yahhh, file’y yg lngkap,, maksihhh


  3. boleh minta file lengkapnya? trims.. 🙂


  4. tolong skripsi lengkap tentang pengaruh terapi musik klasik terhadap tingkat kecemasan pada pasien pre operasi..saya sangat tertarik untuk meneliti ini..kirim k email y??/ terima kasih


  5. tolong bgd saya mnta skripsi lengkap anda krna saya sedang meneliti ttg hubungan penggunaan musik klasik pada kecemasan ibu bersalin kala 1 ..tq yaa 🙂


  6. saya minta data lengkap skripsi dengan judul PENGARUH TERAPI MUSIK KLASIK TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA PASIEN PRE OPERASI DI RSUP DR SOERADJI TIRTONEGORO KLATEN. mohon kirim ke e-mail


  7. tlong info yg lgkap dong ..
    aq lgi bwt kti ttg hubungan terapi musik klasik dg kecemasan ibu hamil trimester 3
    tq 🙂


  8. mbak, tolong kirim lengkap filenya ya…. mksh


  9. minta donk data yang lengkap sy ngambil variabel therapy musik klasiknya aja,
    mksi byk ya………..


  10. tolong bnget donk saya dibantu. saya sangat butuh skripsi lengkap tentang pengaruh terapi musik klasik terhadap tingkat kecemasan karena saya sekarang sedang dalam proses penyusunan proposal yang terkait dengan skripsi tersebut dengan sampel pasien pre op appendisitis. terima kasih bantuannya dan sy sangat mengharapkan balazannya.


  11. tolong bantu saya,saya mnt file ttg ni full tex
    mkc..


  12. mbak mnta data yang lengkp dunk..Q lagi brusaha menelti t2ng ne jg..tapi msih agak bingung cra pnrapan relaksasi yang ky gmn..cp tw q dapt inspirasi
    thx u..


  13. salam…
    Pak aq ud ke perpustakaan daerah yogyakarta tp ktnya nga ada skripsi dengan judul seperti ini…gmn ya pak aq hrs nyari..aq butuh bget neh skripsi…aq bayar jg gpp yang penting lengkap semuanya….tlg infonya…thank sblumnya


  14. please kirimin info lengkapnya donk.saya lagi meneliti tentang terapi musik klasik thdp tingkat kecemasan pasen pre op


  15. tolong dikirim lengkap ke email aq donk skripsi dengan lengkap… thaks ya…


  16. aq tertarik bgt dengan skripsinya tolong bisa dikirim ke email aq skripsinya dengan lengkap thaks sebelumnya……….


  17. Saya sangat tertarik dengan skripsi ini, sangat bagus.
    giman caranya saya mendapatkan info yang lebih lengkap tentang skripsi ini….????
    mohon bantuannya…!!!


  18. tlong bgat dong saya minta secara lengkap skripsi saudara karena kebetulan saya lagi meneliti tentang terapi musik kalsik terhadap tingkat kecemasan pada pasien HD.terimakasih banyak ya………..



Tinggalkan komentar