h1

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN WANITA USIA SUBUR TENTANG KONSELING KB DENGAN PEMILIHAN ALAT KONTRASEPSI IUD DI KELURAHAN KARTOHARJO KECAMATAN NGANJUK KABUPATEN NGANJUK JAWA TIMUR

3 Mei 2009

Dwi Prima Hanis Kusumaningtiyas

ABSTRAKSI

Latar Belakang : Banyaknya perempuan kesulitan dalam menentukan pilihan jenis alat kontrasepsi. Hal ini didukung dengan terbatas pengetahuan yang dimiliki perempuan dan minimnya informasi yang ada mengenai jenis alat kontrasepsi yang tersedia. Berbagai macam alat kontrasepsi disediakan sebagai alternatif bagi wanita usia subur dalam menentukan yang sesuai. Namun dari berbagai alternative tersebut  alat kontrasepsi IUD paling signifikan peningkatanya disbanding kontrasepsi lain.

Tujuan Penelitian : Untuk diketahuinya hubungan antara tingkat pengetahuan wanita usia subur tentang konseling KB dengan pemilihan alat kontrasepsi IUD.

Metode Penelitian : Penelitian ini adalah penelitian non eksperimental yaitu deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Subyek penelitian adalah wanita usia subur yang menggunakan IUD berjumlah 61 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengisi kuesioner pengetahuan wanita usia subur tentang konseling KB, kuesioner pemilihan alat kontrasepsi IUD.

Hasil Penelitian : Terdapat hubungan (P=0,000 dan correlation coefficient 0,481) antara tingkat pengetahuan wanita usia subur tentang konseling KB dengan pemilihan alat kontrasepsi IUD. Hasil penelitian menggunakan Kendall Tau P=0,01  dengan derajat kepercayaan 99%.

Kesimpulan : Ada hubungan antara tinggkat pengetahuan wanita usia subur tentang konseling KB dengan pemilihan IUD.

Kata kunci : Pengetahuan, wanita usia subur, konseling KB, kontrasepsi IUD.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

7 komentar

  1. tlong krim smpai babV kemailQ..pleasee


  2. mbak tolong kirimin smpai bab V y kemailQ…
    pleassseee….


  3. tolong kirimkn Lebih lengkap dunk sa mpai BAB IV


  4. I get research about IUD. can you send me soft copy this article to my e-mail. thank’s for you


  5. may I get soft copy this reserch? please…
    thank you


  6. Tolong kirimin KTInya ke emailku ya.. Makasih atau hubungi 085641048136 / 081325253168


  7. can you help me? i search journal IUD



Tinggalkan komentar