h1

PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA TERHADAP TINGKAT DEPRESI PADA LANSIA DI DESA NGADIROJO KEC. NGADIROJO KAB. PACITAN JAWA TIMUR

3 Mei 2009

NUNGKI RAHMAWATI

ABSTRAKSI

Proses menua pada manusia merupakan fenomena yang tidak dapat dihindarkan. Diperkirakan tahun 2020 jumlah lansia mencapai 28.822.879 jiwa (11,34%), kenaikan pesat itu berkait dengan usia harapan hidup penduduk Indonesia. Dengan peningkatan usia harapan hidup tentunya mempunyai dampak lebih banyak terjadi penyakit pada lansia, terbesar adalah gangguan depresi. Sehingga dalam hal ini perlu adanya peran serta yang besar dari keluarga dalam memberikan dukungan sosial dan pemenuhan kebutuhannya. Dalam menghadapi stressor kehidupan penting untuk memberikan dukungan sosial kepada individu yang bersangkutan. Dukungan sosial merupakan salah satu sumber penanggulangan  terhadap stress yang penting yang mempunyai pengaruh terhadap kondisi kesehatan seseorang.

Untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial keluarga terhadap tingkat depresi pada lansia.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yaitu menilai pengaruh pemberian dukungan sosial kelaurga terhadap Tingkat Depresi Pada Lansia dengan pendekatan Pre Experimental dengan menggunakan One Group Pretest- Postest. Subjek penelitian adalah lansia penderita depresi dengan usia 60->90 tahun warga Desa Ngadirojo Kec. Ngadirojo Kab. Pacitan Jawa Timur. Metode pengambilan sampel dengan Purposive Sampling (Sampling Bertujuan) sebanyak 105 responden. Uji analisis pada penelitian ini adalah Paired t-Test (Uji Beda rata-rata untuk sample yang berhubungan dengan menggunakan SPSS).

Berdasarkan analisis secara keseluruhan didapatkan nilai signifikasi 0,000 (p≤ 0,05). Ini berarti terdapat perbedaan bermakna antara tingkat depresi sebelum dan sesudah diberikan dukungan sosial oleh keluarga.

Ada pengaruh Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Tingkat Depresi Lansia Di Desa Ngadirojo Kec. Ngadirojo Kab. Pacitan Jawa TImur

Kata Kunci: Dukungan Sosial Keluarga, Depresi, Lansia

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

11 komentar

  1. assalamualaikum, saya annisa saya sedang ada matakuliah metlit tentang PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA TERHADAP TINGKAT DEPRESI PADA LANSIA, mohon kiranya dibantu dengan memberikan softcopy jurnal ini, terimakasih banyak.


  2. ass….saya yaya,skrg sdg dalam proses pencarian judul skripsi keperawatan,aq tertarik dengan judul ini ( pengaruh dukungan sosial keluarga terhadap tingkat depresi pada lansia) nohon kiranya dibantu dengan skripsi ini dalam bentuk lengkap.terimakasih…wasss


  3. saya minta jurnal tentang dukungan soaial keluarga


  4. ass…
    saya novi bisa gx minta refrensi buku tentng judul ini..?


  5. ass.mb saya boleh minta soft filenya,tentang pengaruh dukungan keluarga terhadap depresi lansia,saya butuh sekali.sebelumnya saya ucapkan terima kasih mb.


  6. ass…. saya supianor jurusan psikologi, boleh minta skripsi tentang pengaruh dukungan sosial terhadap depresi pada lansia, aku butuh banget karena waktu yg diberikan dosen ke aku mepet sekali, kiranya dibantu dg skripsi ini dalam bentuk lengkap, terima kasih…. ass….


  7. leh tw tidak referensi buku” judul ini dri mna sja ?
    makasi


  8. Ass ..
    apa sya boleh tau referensi buku yg menunjang judul ini ?


  9. hiiii,,,sy siska,,,boleh sy minta file lengkapnya???sy butuh bgt,,trimakasih…


  10. boleh minta skripsi ini?
    soft ato had boleh…
    tolong banget ya,q butuh banget data2nya, q jg lagi nyusun skripsi tentang depresi pada lansia..

    makasi banget sebelumnya


  11. ass….saya tiara,skrg sdg dalam proses pencarian judul skripsi keperawatan,aq tertarik dengan judul ini ( pengaruh dukungan sosial keluarga terhadap tingkat depresi pada lansia) nohon kiranya dibantu dengan skripsi ini dalam bentuk lengkap.terimakasih…wasss



Tinggalkan komentar