h1

HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP YANG MENGGUNAKAN ASKESKIN DI RSU PKU MUHAMMADIYAH BANTUL 2008

4 Mei 2009

FIKA APRILIA

ABSTRAK

Berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh penulis, kaitan pelayanan dengan Askeskin memiliki nilai penting karena keduanya saling berpengaruh dalam meningkatkan pelayanan untuk para pasien Askeskin dan keluarganya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan dan untuk mengukur tingkat kepuasan pasien rawat inap yang menggunakan Askeskin  di RSU PKU Muhammadiyah Bantul. Dengan menggunakan dimensi kualitas pelayanan yang meliputi: tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty.

Jenis penelitian ini adalah penelitian survei bersifat deskriptif kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap kelas III yang menggunakan Askeskin di RSU PKU Muhammadiyah Bantul tahun 2008. Sampel yang digunakan untuk mewakili populasi sejumlah 43 dari pasien rawat inap yang menggunakan Askiskin di RSU PKU Muhammadiyah Bantul selama akhir bulan maret sampai dengan akhir bulan april 2008. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data diperoleh dengan menggunakan kuesioner  yang teruji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statiskik korelasi Spearman Rho dengan bantuan program SPSS 11.50.

Hasil korelasi menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti langsung (tangible), keandalan (reliability) daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (empathy) mempunyai hubungan yang tinggi dengan kepuasan pasien rawat inap yang menggunakan Askeskin di RSU PKU Muhammadiyah Bantul. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis korelasi Spearman Rho dimana diperoleh  sebesar 0,792 dengan tingkat signifikan 5%.

Kata kunci: Kualitas pelayanan, kepuasan pasien askeskin

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

5 komentar

  1. aq mw donk cntoh skripsi ini.. gmn crax ? tQ


  2. tolong bsa d krim artikel ini ke email sya! sdang btuh skali!


  3. saya bth jurnal tentang jamkesmas


  4. sedang sangat butuh artikel2 jenis ini. bisa tolong dikirim ke email saya?


  5. gimana cara saya bisa ngedapetin skripsi ini trim”s



Tinggalkan komentar