h1

HUBUNGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DENGAN KINERJA PERAWAT DI RUMAH SAKIT MATA “Dr.YAP” YOGYAKARTA

4 Mei 2009

HINDUN RIZQIYYAH

ABSTRAK

Keberadaan rumah sakit sebagai suatu sarana kesehatan masyarakat, semakin dirasakan peranannya dalam memberi pelayanan kesehatan. Oleh karena itu maka rumah sakit dituntut harus dapat melayani dan memberikan pelayanan bagi orang yang membutuhkan pelayanan rumah sakit. Pilar utama penyelenggaraan rumah sakit tidak dapat melepaskan peran dan keberadaan tenaga fungsional yang melaksanakan fungsinya baik sebagai dokter maupun perawat. Dimana tenaga fungsional tersebut sangat berpengaruh terhadap penampilan maupun kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara latar belakang pendidikan dengan kinerja perawat di Rumah Sakit Mata Dr.YAP Yogyakarta.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional yaitu penelitian yang memberikan informasi mengenai situasi yang ada pada satu waktu. Populasi yang digunakan adalah seluruh perawat yang ada di Rumah Sakit Mata “Dr.Yap” Yogyakarta. Data penelitian merupakan data primer yang diperoleh dari hasil jawaban terhadap kuesioner yang telah diberikan kepada 33 orang sebagai responden penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Korelasi Rank Spearman dan Kruskal Wallis yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian.

Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara latar belakang pendidikan dengan kinerja yang ditunjukkan dengan nilai korelasi  0,695  dan terdapat hubungan signifikan antara latar belakang pendidikan dengan sub variabel kinerja yang terdiri dari kemampuan teknis dengan nilai korelasi  0.588, kemampuan manajerial dengan nilai korelasi 0,714, kemampuan interpersonal dengan nilai korelasi 0,619, dengan nilai probabilitas pada masing-masing pengujian lebih kecil dari taraf signifikan 0,05. Hal ini berarti  latar belakang pendidikan yang dicapai perawat memiliki hubungan dengan pencapaian kinerja mereka. Serta berdasarkan analisis Kruskal Wallis, dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan kemampuan teknis, kemampuan manajerial, kemampuan interpersonal, dan kinerja berdasarkan latar belakang pendidikan (SLTP, SLTA, SPK, D3/ Akper).

Kata Kunci :  Latar belakang Pendidikan, Kinerja

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

About these ads

2 komentar

  1. asslammualaikum, maaf bsa saya mendapatkan penelitian d atas.??
    & low bleh tau dari universitas mana? & tahun brapa.?


  2. mo grjain skipsi judul hubungan latar belakang pendidikan dan ketrampialan keperawatan khusus terhadap kinerja perawat di rumah sakit X

    aku lht referensi di stikes surya global kasih masukan dung ttg judul ku di atas.. makash dtgg yaw



Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 169 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: