h1

PENGARUH FAKTOR-FAKTOR MOTIVASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PERAWAT DI RUMAH SAKIT ISLAM YOGYAKARTA PERSAUDARAAN DJAMA’AH HAJI INDONESIA (RSIY PDHI) YOGYAKARTA 2008

4 Mei 2009

NURUL MAZIATUN

ABSTRAK

Setelah dilakukan studi pendahuluan dengan mewawancarai perawat dapat diketahui bahwa menurunnya tingkat produktivitas perawat karena kurangnya fasilitas fisik seperti ruang kerja yang terlalu sempit dan tidak tersedianya kantin, hal ini dapat menurunkan produktivitas kerja perawat. Motivasi yang harus diberikan oleh pihak rumah sakit kepada perawat meliputi faktor psikologis, keamanan, sosial, penghargaan dan aktualisasi diri sesuai dengan tingkat kebutuhan Maslow.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor motivasi terhadap produktivitas kerja perawat dan faktor motivasi yang paling dominan terhadap produktivitas kerja perawat di di Rumah Sakit Islam Yogyakarta Persaudaraan Djamaah Haji Indonesia (RSIY PDHI). Hasil penelitian persamaan regresi linier berganda Y = 2,150 + 0,450X1 + 0,125X2 – 0,266X3 – 0,360X4 + 0,124X5 maksudnya bahwa factor-faktor motivsi berpengruh terhadap produktivitas kerja perawat, pengaruh tersebut ada yang positif dan negatif. Hal ini dibuktikan juga dari hasil perhitungan Uji F,dari perhitungan ini diketahui bahwa F-hitung > F-tabel atau 18,191 > 2,37. berdasarkan uji t mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap produktivitas kerja perawat adalah faktor motivasi psikologis 3,396 > 2,052 dengan tingkat signifikan 0,002 < 0,05.

Hasil uji memperoleh nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,755. Nilai R2 menunjukkan bahwa besar pengaruh variabel motivasi yang terdiri dari psikologis, keamanan, sosial, penghargaan dan aktualisasi diri terhadap produktivitas kerja perawat dalam bekerja di Rumah Sakit Islam Yogyakarta PDHI sebesar 75,5%, sedangkan sisanya (100%-75,5%) 24,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Kata kunci : Faktor-faktor motivasi (psikologis, keamanan, sosial, penghargaan, dan aktualisasi diri), produktivitas kerja.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

4 komentar

  1. ass,,bisa kirim soft filenya


  2. tlg bagi softcopinya ya mbak,,,makasi,,,


  3. minta file lengkapnya boleh ?


  4. Ass. salam kenal, mbak. boleh dong bagi-bagi ilmunya. saya pengen softcopy PENGARUH FAKTOR-FAKTOR MOTIVASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PERAWAT DI RUMAH SAKIT ISLAM YOGYAKARTA PERSAUDARAAN DJAMA’AH HAJI INDONESIA (RSIY PDHI) YOGYAKARTA 2008.
    Jazakalloh khoeron katsiro…



Tinggalkan komentar