h1

HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI FARMASI BADAN PENGELOLAAN RSUD KABUPATEN KEBUMEN

4 Mei 2009

LEYLI INAYAH

ABSTRAK

Penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan jasa  di Instalasi Farmasi BP RSUD Kabupaten Kebumen. Sehingga menghasilkan beberapa kebijaksanaan berdasarkan atas pengolahan hasil dari penelitian sebagai pedoman untuk mengarahkan organisasi Unit Farmasi yang ada ke arah pemenuhan kebutuhan kepuasan pasien, sehingga menjadi sumber dari keunggulan daya saing yang berkelanjutan.

Dalam penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif Analitik dengan menggunakan sampel yang dapat digeneralisasi. Metode yang di pergunakan dalam pengumpulan data penelitian ini melalui kuesioner yang telah di uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan skala Likert. Metode observasi dan interview juga digunakan untuk mendukung pengumpulan data. Bagaimana kualitas pelayanan jasa petugas di Instalasi Farmasi BP RSUD Kabupaten Kebumen? Dan bagaimanakah tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan jasa petugas di Instalasi Farmasi BP RSUD Kabupaten Kebumen? Analisis data meliputi deskriptif tentang reliability, responsiveness, assurance, empahty, tangibles yang disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi. Kemudian dianalisa statistik disimpulkan menjawab permasalahan penelitian dalam menilai tingkat kepuasan pasien dan dikelompokkan dalam 5 klasifikasi parameter sangat memuaskan, memuaskan, cukup memuaskan, dan sangat tidak memuaskan.

Dimensi kualitas pelayanan (reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangibles) adalah valid (sahih) untuk meningkatkan kepuasan pelayanan jasa. Distribusi frekuensi adalah cukup memuaskan, dan klasifikasi parameternya berada dalam cukup memuaskan untuk dimensi reliability, assurance, tangibles, responsiveness dan emphaty. Semua dimensi pelayanan adalah perlu dan penting untuk diaplikasikan guna meningkatkan kepuasan pasien. Dari hasil interpretasi korelasi kualitas pelayanan di Instalasi Farmasi dengan kepuasan pasien Badan Pengelolaan RSUD Kabupaten Kebumen mempunyai tingkat hubungan sedang.

Kata kunci : (Kepuasan Pasien,Kualitas Pelayanan Jasa)

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

6 komentar

  1. saya yuni mahasiswa s1 farmasi ingin membuat skrisi tentang gambaran kepuasan pelayanan di puskesmas. bisakah saya meminta karya lengkap anda serta kuisionernya sebagai bahan acuan saya. terimakasi


  2. saiia ayu kiyai mahasiswa kesehatan masyarakat, saia sdng membuat skripsi dengan tema kuaits pelayanan kesehatan, bisa saia minta karya anda selengkapnya

    terima kasih


  3. saya wulan mahasiswa s1 kebidanan ingin membuat skrisi tentang kepuasan pelayanan di klinik saya. bisakah saya meminta karya anda serta kuisionernya sebagai bahan acuan saya. terimakasih


  4. Ass….saya ira mahasiswa stikmar majene,saat ini saya sedang meneliti skripsi dengan temayang sama.bisakah saya minta karya anda

    terima kasih wss……


  5. saya irina ,mahasiswa S2 manajemen ingin membuat tesis mengenai kepuasan pelanggan terhadap pelayanan di puskesmas kami. Kalo tidak berkeberatan saya minta karya yang anda buat beserta kuesioner sebagai bahan acuan kami.terima kasih


  6. saya saiqa ilham akbar, mahasiswa fakultas ekonomika dan bisnis UGM. saat ini saya sedang meneliti skripsi dengan tema yang sama. bisakah saya meminta karya anda selelngkapnya.

    terimakasih

    saiqailham@yahoo.com



Tinggalkan komentar