h1

PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEINGINAN BERKUNJUNG ULANG PASIEN DI UNIT RAWAT INAP RUMAH SAKIT TNI AU Dr. SUHARDI HARDJOLUKITO YOGYAKARTA 2008

4 Mei 2009

Oleh : Meisutrisno

ABSTRAK

Latar Belakang : Rumah sakit TNI AU Dr.  Suhardi Hardjolukito Yogyakarta sebagai salah satu rumah sakit milik pemerintah yang dituntut untuk memberikan pelayanan yang terbaik demi kepuasan pasien. Sejak tanggal 29 Mei 2006 rumah sakit ini pindah lokasi di Jalan Raya Janti Yogyakarta tepatnya di komplek Lanud Adisucipto antara blok H dan blok O dengan jumlah fasilitas yang semakin bertambah. Demikian juga SDM (Sumber Daya Manusia) seperti tenaga administrasi, perawat dan dokter yang  memicu peningkatan tarif pelayanan. Dalam sudut pandang pemasaran, rumah sakit TNI AU Dr. Suhardi Hardjolukito telah melakukan kegiatan pemasaran pada aspek bauran pemasaran (marketing mix) yang meliputi product, price, place, promotion dan people. Sehingga penulis tertarik untuk meneliti tentang ”Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keinginan Berkunjung Ulang Pasien di Unit Rawat Inap Rumah Sakit TNI AU Dr. Suhardi  Hardjolukito Yogyakarta”.

Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh marketing mix terhadap keinginan berkunjung ulang pasien di Unit Rawat Inap Rumah Sakit TNI AU Dr. Suhardi  Hardjolukito Yogyakarta.

Metode : Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif non eksperimental dengan menggunakan rancangan cross sectional. Jumlah responden sebanyak 83 orang. Pengolahan data dilakukan dengan uji regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh marketing mix dengan keinginan berkunjung ulang pasien.

Hasil : Besarnya nilai pengaruh dimensi marketing mix terhadap keinginan berkunjung ulang pasien yaitu ; produk 0,073 (7,3%), price 0,044 (4,4%), place 0,295 (29,5%), promotion 0,108 (10,8%), dan people 0,190 (19,0).

Kesimpulan : Ada pengaruh yang signifikan antara marketing mix dengan keinginan berkunjung ulang pasien di Unit Rawat Inap RS TNI AU Dr. S. Hardjolukito Yogyakarta. Dimensi yang menjadi pendukung utama keinginan pasien untuk berkunjung ulang pasien yaitu dimensi place (tempat / lokasi).

Kata Kunci : Marketing mix, product, price, place, promotion dan people, keinginanberkunjung ulang pasien.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

8 komentar

  1. apakah saya dapat memperoleh skripsi ini secara lengkap?


  2. bisa minta filenya gak?
    kirim lewat email sya trimakasih 🙂


  3. boleh minta file nya ngga? makasih 🙂


  4. boleh mnta filex donk…..
    btuh nich bwt referensi…
    krim di surelq yahhhh, makasih….


  5. Boleh mminta file nya?


  6. bisa mnta dikrimkan file lengapnya ngak?
    krim lewat email aku yah triimsss


  7. aslkm..
    bisa sy mnta file asli’y.. sy ingin mmplajari’y.. trims


  8. mohon bantuannya bgmn saya bisa mendapatkan skripsi ini. semoga kita bisa bekerja sama



Tinggalkan komentar