h1

PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN 2008

4 Mei 2009

ABSTRAK

Latar Belakang : Rumah Sakit yang menjadi tempat penelitian adalah Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta  yang merupakan rumah sakit terakreditasi 12 bidang pelayanan dengan tipe C plus selain memberikan pelayanan kesehatan juga di gunakan sebagai tempat pendidikan bagi calon dokter dan perawat, mempunyai 207 TT pada tahun 2002, BOR pada tahun 2007 sebesar 75,46% dan pada bulan januari sampai maret tahun 2008 mencapai 73,00%.

Tujuan : Diketahuinya pengaruh  antara kualitas pelayanan kesehatan dengan Loyalitas psien rawat Inap di rumah sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

Metode Penelitian : jenis penelitian ini yang digunakan adalah deskriptif  dengan pendekatan cross sectional, populasi dalam penelitian ini adalah rata-rata pasien rawat inap perbulan sebanyak 60 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 52 orang yang di ambil dengan metode purposive sampling dengan inklusi pasien kelas I dan II.

Hasil Penelitian : Hasil uji statistik regresi linear berganda pada kualitas pelayanan kesehatan menunjukkan nilai korelasi 0,361 dan fh 28,818 serta th 2,617 dengan taraf signifikan P 0,002 yang artinya ada pengaruh.

Saran : Berdasarkan penelitian ini disarankan kepada Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta sebaiknya dalam memberikan pelayanan kesehatan seperti pelayanan secara cepat dan tepat, petugas bekerja sesuai dengan keahlian masing-masing, pelayanan administrasi yang baik, waktu pelayanan sesuai dengan jam kerja dan tersedianya waktu yang cukup untuk konsultasi bagi pasien maka harus disesuaikan dengan standar pelayanan yang sudah ditetapkan oleh rumah sakit, sehingga jika pasien puas dengan pelayanan yang baik maka pasien akan kembali untuk menggunakan jasa di rumah sakit tersebut dan akan membuat pasien menjadi loyal.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Kesehatan, Loyalitas Pasien.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

2 komentar

  1. aslamualaikum,wr,wb……………
    judul skripsinya bagus. boleh minta contoh file lengkapnya. trimakasih.


  2. assalamualaikum wr.wb
    afwan kalo boleh saya minta contoh file skripsi ini yang lengkap?



Tinggalkan komentar