h1

PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA PERAWAT DI RSU AISYIYAH DIPONEGORO PONOROGO TAHUN 2008

5 Mei 2009

IKA HARI RAHAYU

ABSTRAKSI

Rumah sakit adalah lembaga yang memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan terjangkau oleh masyarakat dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Pada dasarnya kinerja dipengaruhi oleh faktor internal (motivasi, beban kerja, pengalama, masa kerja) dan faktor eksternal (supervisi, kepemimpinan, dan kompensasi). Untuk itu, diperlukan kepemimpinan dan kompensasi yang tepat untuk mewujudkan tenaga kerja yang berdaya guna dan berhasil guna sehingga tujuan organisasi akan tercapai. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan kompensasi terhadap kinerja perawat di RSU Aisyiyah Diponegoro Ponorogo.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan rancangan cross sectional survey. Populasinya adalah tenaga keperawatan sebesar 43 perawat. Metode analisis data yang digunakan adalah menggunakan teknik statistik regresi dengan menggunakan program SPSS 12 for Windows, model analisisnya menggunakan regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja perawat sebesar -0,528 dan pengaruh kompensasi terhadap kinerja perawat sebesar 0,412. Kepemimpinan dan kompensasi mempunyai hubungan terhadap kinerja yang positif sebesar R=0,570 dan dapat dikategorikan dalam hubungan yang cukup kuat yaitu 0,400-0,599. Sedangkan pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan dan kompensasi terhadap kinerja perawat terbukti yaitu ditunjukkan dengan adanya pengaruh yang signifikan dengan nilai F-hitung > F-tabel (9,632 > 3,23).

Kata Kunci: Kepemimpinan, Kompensasi, dan Kinerja Perawat

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

Tinggalkan komentar