h1

HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG PERAWATAN ISPA DENGAN PELAKSANAAN KONTROL ULANG DI PUSKESMAS PONJONG II GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA

8 Mei 2009

Oleh :  SURATMAN

ABSTRAKSI

ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut) merupakan masalah yang mendapat perhatian khusus badan kesehatan dunia (WHO) Lapau (1985) karena angka morbiditas dan mortalitasnya yang tinggi. Insidensi ISPA keseluruhan di negara berkembang sama dengan di negara maju. ISPA paling sering menjadi penyakit akut di kalangan anak-anak. Di Puskesmas Ponjong II Gunung Kidul ISPA merupakan penyakit terbanyak dari 10 besar penyakit rawat jalan untuk semua golongan umur, dari bulan Januari 2006 s.d dengan bulan Desember 2006 dengan jumlah pasien 2.496 orang. Riwayat pengobatan ISPA berdasarkan pengetahuan penyakit ISPA sangat tergantung dari pengetahuan. Dengan adanya pengetahuan penyakit ISPA yang memadahi akan lebih memberi semangat penderita untuk melakukan kunjungan pengobatan, karena dengan keteraturan kunjungan pengobatan akan lebih memudahkan penyembuhan penyakit.

Merupakan penelitian deskriptif pendekatan observasi yaitu untuk mengetahui gambaran secara obyektif tentang hubungan pengetahuan tentang perawatan ISPA dengan pelaksanaan kontrol ulang di Puskesmas Ponjong II Gunung Kidul Yogyakarta Jumlah responden 49 orang.

Umur penderita ISPA < 5 tahun 22 anak dan > 5 tahun 27 anak, laki-laki 28 anak perempuan 21 anak. Umur orang tua 20 sampai 35 tahun, pendidikan SD sampai SLTP, pekerjaan rumah tangga. Ada hubungan pengetahuan dengan kontrol ulang (p = 0.002). Ada perbedaan tingkat pengetahuan tentang penyakit ISPA antara yang melakukan kontrol ulang dengan yang tidak melakukan kontrol ulang (χ2 = 0.002).

Kata Kunci: ISPA, Pengetahuan, Kontrol Ulang.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

2 komentar

  1. sy juga ingin dapat bahan lengkap dari artikel di atas., tpi gmna carax y.??
    trims..


  2. Sy ingin dpt bhn lgkp dr skripsi tsb di atas..gmn caranya? Mksi



Tinggalkan komentar