h1

HUBUNGAN STRATA POSYANDU DENGAN STATUS GIZI BALITA DI PUSKESMAS II JATEN KABUPATEN KARANG ANYAR JAWA TENGAH TAHUN 2008

8 Mei 2009

Oleh : Giarti

ABSTRAKSI

Latar Belakang Masalah. Pengetahuan merupakan salah satu faktor penting yang harus dimiliki oleh seseorang, begitu juga dengan sikap. Sikap merupakan dasar utama bagi seseorang dalam menganalisis keputusan terhadap suatu stimulus. Untuk mengetahui perkembangan dan kesehatan kehamilan dapat ditempuh dengan cara melakukan kunjungan atau pemeriksaan secara rutin. Akan tetapi masih banyak ibu-ibu hamil yang beranggapan bahwa memeriksakan kehamilan kurang penting asal makanan dan aktifitas terjaga. Hal tersebut menandakan bahwa kurangnya pengetahuan dan kurang positifnya sikap ibu hamil terhadap antenatal care. Masalah ini juga terjadi di wilayah kerja Puskesmas Mlati I Sleman Yogyakarta.

Tujuan penelitian adalah diketahui hubungan sikap dan pengetahuan ibu hamil dengan frekuensi kunjungan antenatal care. Jenis penelitian adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian sebanyak 30 responden dengan teknik aksidental. Instrumen penelitian yaitu dengan kuesioner. Analisa data menggunakan korelasi ganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan ibu hamil dengan frekuensi kunjungan antenatal care.  Ada hubungan antara antara sikap ibu hamil dengan frekuensi kunjungan antenatal care.  Ada hubungan antara pengetahuan dan sikap ibu hamil dengan frekuensi kunjungan antenatal care  dengan hasil Fhitung > Ftabel = 5,097 > 3,35.

Kata kunci : Sikap, Pengetahuan, Frekuensi Kunjungan Antenatal Care.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

Satu komentar

  1. ass
    saya dwi untuk mendapatkan kti hubunan strata posyandu dengan satus gizi balita caranya gmn?
    syaratnya apa



Tinggalkan komentar