h1

HUBUNGAN ANTARATINGKAT PENGETAHUAN TENTANG DIABETES MELITUS DENGAN GAYA HIDUP PENDERITA DM TIPE II DI DESA SUMBERAGUNG MOYUDAN SLEMAN YOGYAKARTA

8 Mei 2009

Kiky Juwita Sari

ABSTRAKSI

Latar Belakang. Jumlah penderita DM di Indonesia terus meningkat dimana saat ini diperkirakan sekitar 5 juta lebih penduduk Indonesia menderita diabetes. Indonesia menempati urutan keenam di dunia sebagai negara dengan jumlah penderita DM terbanyak. Pengetahuan merupakan hasil tahu, dan ini setelah orang melakukan penginderaan terhadap suatu objek tertentu. Gaya hidup adalah cara hidup berdasarkan pola kebiasaan yang di tentukan pengaruh karakteristik individual seseorang, interaksi sosial dan kondisi kehidupan ekonomi lingkungan sosial.

Tujuan. Mengetahui tingkat pengetahuan tentang penyakit DM, gaya hidup, dan hubungan tingkat pengetahuan penderita DM dengan gaya hidup di Desa Sumberagung, Moyudan, Sleman, Yogyakarta. Dilakukan penelitian dengan pendekatan cross sectional terhadap 67 sampel penderita DM di Puskesmas Moyudan Sumberagung Moyudan  pada bulan Februari 2008.

Metode. Non  eksperimen dengan pendekatan cross sectional

Hasil. Pada penelitian ini di dapatkan  56 penderita (83,59%) mempunyai tingkat pengetahuan tentang DM kurang dan 47 penderita (70,15%) mempunyai gaya hidup cukup. Hasil uji statistik Kendal’s Tau antara tingkat pengetahuan penderita DM dengan gaya hidup menunjukkan adanya hubungan yang signifikan sebesar 0,550 (55,0%).

Kesimpulan. Dari hasil uji statistik diambil kesimpulan bahwa pengetahuan penderita DM semakin baik, maka gaya hidup penderitanya juga akan semakin baik.

Kata Kunci : Pengetahuan, DM, Gaya Hidup.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

15 komentar

  1. saya tertarik dengan skripsi ini. bagaimana saya bisa mendapatkan file yang lengkap? terima kasih sebelumnya


  2. saya sangat tertarik dengan judul ini.
    bagaimana saya mendapatkan file ini secara lengkap
    terimakasih


  3. sya tertarik dengan jdul skripsi anda…..bagaimn sya mndptknnya secra lngkp…


  4. saya tertarik juga dengan skripsi ini,,bisa kirim ke email.haturnuhun


  5. saya sangat tertarik dgn judul ini,,,,tlong dkrim ke email saya, mhon bntuannya
    terima kasih


  6. saya sangat tertarik dgn judul ini,mohon d kirim lebih lengkap terima kasih..


  7. saya tertarik dgn judul ini,mohon d kirim lebih lengkap terima kasih sebelumnya..


  8. saya tertarik dgn judul ini untuk judul skripsi
    bs tlong dkrim ke email saya ?mhon bntuannya
    terima kasih 🙂
    oleh sri 23 mei 2012 at 21:08


  9. kirim k email saya donkkk
    saya tertarik nihh
    pleaseee…


  10. saya sangat tertarik dengan judul skripsi anda, mohon dikirim selengkapnya


  11. saya tertarik dengan skripsi ini, mohon dikirim selengkapnya…. terima kasih………


  12. tolong beritau saya tentang komentar dm saya sangat tertarik dengan judul anda


  13. assss…saya sangat tertarik dengan skripsi ini…mohon dikirim selengkapnya,,,terima kasih


  14. hai, saya mahasiswi kedokteran, dan saya lagi dalam tahap skripsi. Judul skripsi saya adalah hubungan antara tingkat pengetahuan dengan kepatuhan terapi pada penderita diabetes mellitus. Untuk sebagai salah satu sumber data, apa boleh saya minta data lengkapnya? thanks =D


  15. saya juga tertarik dengan skripsi ini.
    bagaimana cara saya mendapatkannya lebih lengkap?



Tinggalkan komentar