h1

HUBUNGAN KARAKTERISTIK PERAWAT DENGAN MOTIVASI KERJA PERAWAT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH SRAGEN

8 Mei 2009

SRI POERWANINGSIH

ABSTRAKSI

Pelayanan kesehatan di Rumah Sakit merupakan bentuk pelayanan yang diberikan kepada klien oleh suatu tim multidisiplin termasuk tim keperawatan. Tim keperawatan merupakan aggota tim kesehatan di garis terdepan yang menghadapi masalah kesehatan klien selama 24 jam secara terus menerus. Tim pelayanan keperawatan memberikan pelayanan kepada klien sesuai dengan keyakinan profesi dan standar yang ditetapkan. Hal ini ditujukan agar pelayanan keperawatan yang diberikan senantiasa merupakan pelayanan yang aman serta dapat memenuhi  kebutuhan dan harapan klien.

Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan karakteristik karyawan yaitu perawat dengan motivasi kerja perawat. Dengan menggunakan metode cross check mengumpulkan pendapat dari sejumlah 98 responden dengan cara menyebar kuesioner untuk mendapatkan deskripsi usia, jenis kelamin dan lama bekerja. Dengan menggunakan uji regresi kategorikal untuk membuktikan hipotesis bahwa ada pengaruh antara karakteristik perawat dengan motivasi kerja perawat.

Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa di RSUD Kabupaten Sragen secara deskriptif sesuai sampel yang digunakan terdapat lebih banyak perawat dengan jenis kelamin perempuan. Sedangkan berdasarkan uji hipotesis ternyata karakteristik yang dihubungkan dengan motivasi terdapat pengaruh antara usia, dan jenis kelamin, sedangkan tingkat pendidikan dan lama bekerja dengan motivasi kerja tidak ada pengaruh yang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa usia, dan jenis kelamin berpengaruh secara positip dan bermakna pada tingkat kemaknaan 0,05. Sedangkan tingkat pendidikan dan lama bekerja tidak berpengaruh pada motivasi kerja.

Saran yang dapat disampaikan bagi rumah sakit agar dapat meningkatkan motivasi kerja karyawan, karena dengan motivasi kerja yang baik akan dapat meningkatkan kinerja yang pada akhirnya bagi pasien atau klien dapat mendapatkan kualitas pelayanan yang baik dengan motivasi yang baik juga.

Kata kunci: Karakteristik, Motivasi

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

4 komentar

  1. Boleh minta selengkapnya mas untuk penunjang skripsi..


  2. Saya tertarik sama judul skripsi ini. Boleh minta lengkapny?


  3. saya tertarik dengan skripsi ini. bisa minta kirimi


  4. saya tertarik dengan skripsi yang anda buat,bolehkah saya baca fili lengkapnya ?. trima kasih



Tinggalkan komentar