h1

HUBUNGAN KEPATUHAN PENDERITA TBC PARU DALAM MINUM OBAT DENGAN HASIL PEMERIKSAAN DAHAK DI PUSKESMAS PARANGGUPITO WONOGIRI JAWA TENGAH 2007

8 Mei 2009

Oleh : Suyanta

ABSTRAKSI

Tuberkulosis adalah penyakit menular langsung yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium tuberculosis. Kuman tuberkulosis berbentuk batang, mempunyai sifat khusus yaitu tahan terhadap asam pada pewarnaan. Oleh karena itu disebut pula sebagai Basil Tahan Asam (BTA). Riwayat pengobatan TBC berdasarkan tipe penderita yaitu : kasus baru, kambuh, pindahan, lalai dan lain-lain sangat tergantung dari kepatuhan. Kepatuhan penderita dalam menelan obat sangat mempengaruhi keberadaan kuman BTA dalam tubuh dan hal ini dapat dilihat dengan pemeriksaan dahak.

Merupakan penelitian deskriptif analitik pendekatan observasi yaitu untuk mengetahui hubungan kepatuhan menelan obat dan hasil pemeriksaan dahak di Puskesmas Paranggupito Kabupaten Wonogiri. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa kuesioner dan menggunakan data rekam medis penderita TBC. Jumlah responden 21 orang.

Berdasarkan 21 penderita TBC di Puskesmas Paranggupito Kabupaten Wonogiri kebanyakan perempuan berpendidikan SD, berumur lebih dari 50 tahun dengan pekerjaan petani. Masih banyak penderita yang kurang patuh menelan obat, sehingga masih ditemukan kuman BTA. Tidak ada hubungan kepatuhan menelan obat dengan hasil pemeriksaan dahak di Puskesmas Paranggupito Kabupaten Wonogiri (signifikansi 0.913 > alfa 0.05).

.

Kata Kunci: TBC, Kepatuhan, pemeriksaan dahak.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

3 komentar

  1. MAU MINTA TOLONG KIRIMKAN SKRIPSI DENGAN JUDUL HUBUNGAN KEPATUHAN PENDERITA TBC PARU DALAM MINUM OBAT DENGAN HASIL PEMERIKSAAN DAHAK DI PUSKESMAS PARANGGUPITO WONOGIRI JAWA TENGAH 2007. ATAS BANTUANYA SAYA BANYAK UCAPKAN TERIMA KASIH.


  2. ada kaitanya kepatuhan obat dengan pemeriksaan dahak.
    bisa bantu saya


  3. saya mohon dikirimkan skripsi dengan judul “HUBUNGAN KEPATUHAN PENDERITA TBC PARU DALAM MINUM OBAT DENGAN HASIL PEMERIKSAAN DAHAK DI PUSKESMAS PARANGGUPITO WONOGIRI JAWA TENGAH 2007 kepada sayasaya sangat perlukan ini. terima kasih sebelumnya.



Tinggalkan komentar