h1

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENGETAHUAN PASIEN DALAM MELAKUKAN TINDAKAN CABUT GIGI DI PUSKESMAS SALAMAN I KABUPATEN MAGELANG JAWA TENGAH TAHUN 2008

4 Mei 2009

ABSTRAK

Pelayanan kesehatan perorangan merupakan pelayanan yang bersifat pribadi (private goods), bertujuan menyembuhkan penyakit dan pemulihan kesehatan perorangan, tanpa mengabaikan pemeliharaan dan pencegahan penyakit. Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut pada pengunjung yang datang ke Puskesmas menurut data atau rekam medis dari tahun ketahun mengalami peningkatan, hal ini tidak terlepas dari kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan gigi dan mulut. Hampir 95% penderita gusi dan mulut dengan kelainan periodental menginginkan pencabutan gigi, karena anggapan masyarakat bahwa hanya dengan mencabut gigi yang sakit dapat menyelesaikan atau mengakhirkan penderitaan yang dialami.Tingginya masyarakat yang melakukan pencabutan gigi terkait dengan tingkat pengetahuan tentang pengobatan sakit gigi, sebenarnya masalah tersebut bisa di antisipasi dengan pengobatan atau dengan pemampatan gigi.

Tujuan penelitian untuk mengetahui  faktor-faktor yang berhubungan pengetahuan pasien dalam melakukan tindakan cabut gigi di Puskesmas Salaman I Magelang Jawa Tengah.

Penelitian deskriptif analitik pendekatan observasi dengan rancangan cross sectional untuk mengetahui gambaran faktor-faktor yang mempengaruhi pengetahuan pasien dalam melakukan tindakan cabut gigi,. Data didapat dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan uji Corelassion Linier. Jumlah responden 69 orang.

Hasil penelitian, umur (p=0.083), pekerjaan (p=0.228), dan penghasilan (p=0.152) tidak berpengaruh terhadap pengetahuan responden dalam melakukan tindakan cabut gigi. Sedangkan pendidikan (p=0.027) mempengaruhi responden dalam melakukan tindakan cabut gigi, dimana pengaruhinya sebesar 20.80%.

Kata Kunci: Hubungan, Pengetahuan, Cabut Gigi.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

19 komentar

  1. Mohon dikirimkan selengkapnya ke email saya.
    terimakasih


  2. mohon bantuannya,sy minta kirim judul diatas untuk refrensi tugas ilmiah saya. terima kasih.


  3. saya ingin mendapatkan ini selengkapnya, bagaimana caranya? terima kasih


  4. bantu tesis nya donk…plissss


  5. minta bagi untuk rerensi .trimakasih


  6. bisa ngak minta posting yang lengkapnya??


  7. tolong posting hasil lengkapnya dong,, untuk dijadikan perbandingan hasil penelitian


  8. tolong hasil karya di bagi soal nya saya butuh mau buat tugas akhir saya.


  9. Bisa share skripsinya dong tuk tambahan referensi tugas akhirku
    thank you sebelumnya


  10. bagaimana cr dpt yg lengkapnya?????saya butuh…mohon bantuannya


  11. bisakah di share lebih lengkapnya.
    trima kasih


  12. please..saya berharap banyak dari blog ini…tetapi setiap kali mau masuk…susahnya bukan main…tunjukin dong caranya? hans b4..


  13. tertarik dgn tesis nya…

    bisa dapat proposal tesisnya dan tesis lengkapnya ??

    trims 🙂


  14. aku juga ingin buat tesis gigi caranya gimana ya!!!!!!!!!tq


  15. gimana cara mndapatkn yg selengkapnya ??


  16. bagus ini gimana cara mendapatkan lengkaapnya


  17. dimana sya bisa mendapatkan buku-buku tentang poligigi


  18. tolong hasil karyanya dibagi ke saya
    saya butuh buat referensi tugas akhir saya
    terimakasih atas bantuannya


  19. tolong hasil karyanya dibagi ya buata referensi tugas akhir saya
    saya butuh
    terimaksih atas bantuannya



Tinggalkan komentar