h1

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PASIEN UNTUK MENGGUNAKAN ULANG JASA PELAYANAN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT ISLAM SITI AISYAH MADIUN

4 Mei 2009

Oleh : Tri Endah Pungki Restikawati

ABSTRAK

Instalasi rawat jalan merupakan salah satu tempat utama bertemunya pasien dengan jasa pelayanan kesehatan dari sebuah rumah sakit. Fungsi instalasi rawat jalan menjadi lebih penting karena instalasi ini merupakan salah satu pemasok pasien utama disamping instalasi rawat darurat. Di instalasi rawat jalan seringkali terjadi hal-hal seperti jam buka pelayanan yang tidak tepat waktu, kesalahan dalam meletakkan status pasien sehingga pasien yang dilayani tidak sesuai dengan urutan antrian.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian adalah pasien rawat jalan RSI Siti Aisyah Madiun. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Accidental sampling yaitu sebanyak 83 responden. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang berkaitan dengan pengalaman masa lalu, norma subyektif, sikap, serta minat pasien. Analisis data pada penelitian ini adalah regresi berganda dengan menggunakan SPSS 11.5.

Hasil penelitian yang didapat yaitu ada pengaruh yang signifikan antara pengalaman masa lalu, norma subyektif, serta sikap terhadap minat pasien untuk menggunakan ulang jasa pelayanan RSI Siti Aisyah Madiun dengan nilai F hitung sebesar 12,897. Faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap minat pasien untuk menggunakan ulang jasa pelayanan rawat jalan RSI Siti Aisyah Madiun adalah norma subyektif.

Kata kunci : Pengalaman masa lalu, norma subyektif, sikap serta minat pasien untuk menggunakan ulang jasa pelayanan rawat jalan.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

One comment

  1. kpd Yth Direktur RSI Aisyah Madiun
    keberadaan RSi madiun saat ni saat sangat berarti untuk masyarakat setempat, jika membaca dan mengenali lebih jauh tentang RSI madiun, sudah ada tekad untuk pelayanan yang baik dan terjangkau walaupun disana sini masih ada kekurangan.
    masyarakat yang berobat ke tempat ini kebanyakan kelas menengah ke bawah, bukan kelas atas. namun kenapa kenapa perbaikan untuk kelas menengah ke bawah baik secara manajemen dan bangunan belum nyata juga. melainkan adanya penambahan untuk kelas atas VIP. kalau memang misinya untuk pelayanan terjangkau semua kalangan, ya kalangan terbanyak yang disediakan dan diperbaiki. mudah2an menjadi saran yang membangun..terimakasih…



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: