h1

ANALISIS FAKTOR –FAKTOR KEPATUHAN BIDAN DALAM PELAYANAN PERSALINAN DI RUMAH SAKIT KHUSUS IBU DAN ANAK PKU MUHAMMADIYAH KOTAGEDE YOGYAKARTA

4 Mei 2009

USWATUN NISAIL KHALIMAH

ABSTRAK

Dari Studi pendahuluan diketahui bahwa hampir sebagian bidan RS. KIA PKU Muhammadiyah Kotagede Yogyakarta tidak mengetahui adanya standar pelayanan persalinan yang ditetapkan oleh Dinas Kesehatan Propinsi DIY.  Tujuan penelitian untuk mengetahui kepatuhan bidan RS. KIA PKU Muhammadiyah Kotagede Yogyakarta dalam pelayanan persalinan, untuk mengetahui hubungan antara faktor pengetahuan, ketrampilan, fasilitas dengan kepatuhan bidan dalam pelayanan persalinan di RS. KIA PKU Muhammadiyah Kotagede Yogyakarta, untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, ketrampilan, fasilitas terhadap pelayanan persalinan di RS. KIA PKU Muhammadiyah Kotagede Yogyakarta.

Penelitian ini menurut metode yang digunakan merupakan penelitian survey. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan metode sampling jenuh yaitu semua bidan yang melakukan pelayanan persalinan di RS. KIA PKU Muhammadiyah Kotagede Yogyakarta sejumlah 10 orang. Alat pengumpul data berupa kuesioner yang isinya adalah Standar Yang telah ditetapkan oleh Dinas Kesehatan Propinsi DIY Tahun 2007. Analisa data menggunakanmultipel korelasi, multiple regresi dan diuji dengan uji F dan uji determinasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan bidan di RS. KIA PKU Muhammadiyah Kotagede Yogyakarta pada tingkat sedang, ketrampilan bidan sedang, fasilitas yang tersedia menurut persepsi bidan baik sedangkan kepatuhan bidan dalam pelayanan persalinan di RS. KIA PKU Muhammadiyah Kotagede Yogyakarta berdasarkan skor tinggi. Angka R sebesar 0,673 menunjukkan hubungan yang kuat sedangkan model multipel regresi tidak bisa dijelaskan karena diperoleh hasil yang tidak signifikan. kesimpulannya berdasarkan skor kepatuhan bidan baik tetapi ada 6 orang bidan yang tidak melakukan beberapa item yang item tersebut wajib dilakukan. Kepatuhan bidan pada pelayanan persalinan di RS. KIA PKU Muhammadiyah Kotagede Yogyakarta diduga peneliti ada hubungan dengan pengetahuan, ketrampilan, fasilitas. Ternyata dari hasil penelitian bahwa pengetahuan, ketrampilan, fasilitas mempunyai hubungan yang kuat tetapi tidak mempengaruhi patuh tidaknya bidan pada Standar APN 2007.

Kata kunci : Kepatuhan bidan, pengetahuan, ketrampilan dan fasilitas.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

7 komentar

  1. kirim dunkk file lengkapnya …..


  2. Bgm untuk minta selengkapnya


  3. tolong kirim file lengkapnya untuk judul analisis Fakto-faktor kepatuhan Bidan dalam pelayanan persalinan di RS khusus ibu dan anak PKU Muhamadyah kota gede Yogyakarta.


  4. minta tolong kirimkan skripsi ini dengan lengkap dong ke email saya…. skalian dgn pohon masalah sama variabel2 penelitianx ya…. saya tertaik untuk mengambil judul penelitian ini…. thankz!


  5. trima kasih sebelumya,saya minta tolong kirimin saya ttg studi standar pelayanan kebidanan di rumah sakit


  6. Tolong kirim file lengkapnya untuk judul Analisis Faktor-faktor Kepatuhan Bidan Dalam Pelayanan Persalinan Di RS Khusus Ibu dan Anak PKU MUhammadiyah Kota Gede Yogyakarta


  7. aku mau kepatuhan bidan di tampilkan secara rinci dong..^_^



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: