h1

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN SIKAP AKSEPTOR KB SUNTIK DI KELURAHAN GIWANGAN, KECAMATAN UMBULHARJO, YOGYAKARTA

15 Juli 2009

ABSTRAKSI

RIANA MELATI

Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan oleh Penulis, dalam kaitannya dengan sikap ibu pasangan usia subur menjadi akseptor KB suntik di Kelurahan Giwangan, Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta hampir semua ibu pasangan usia subur mengikuti KB suntik. Hal ini berarti sikap ibu Pasangan Usia Subur di daerah tersebut terhadap gerakan Keluarga Berencana cukup. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan  sikap ibu menjadi akseptor KB suntik di Kelurahan Giwangan, Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta yang meliputi: tingkat pengetahuan, tingkat pendidikan, pekerjaan dan paritas/ jumlah anak.

Jenis penelitian ini adalah non eksperimental dengan explanatory study bersifat analitik dengan penekanan cross sectional. Sampel menggunakan teknik purposive sampling diperoleh jumlah yang mewakili populasi sebanyak 73 responden akseptor KB suntik. Pengambilan data diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Analisa hasil penelitian menggunakan komputer program SPSS 11.5.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan sikap (r hitung = 0,720, p = 0,000), pendidikan dengan sikap (r hitung = 0,558, p = 0,000), pekerjaan dengan sikap (r hitung = 0,350, p = 0,002) dan paritas/jumlah anak dengan sikap (r hitung = 0,372, p = 0,001). Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan, pendidikan, pekerjaan, paritas/jumlah anak dengan sikap ibu menjadi akseptor KB Suntik.

Kata kunci     : Pendidikan, pekerjaan, pengetahuan, paritas/jumlah anak dan sikap ibu menjadi akseptor KB Suntik

2 komentar

  1. maaf kalau boleh tau parameter untuk pekerjaan itu apa y? kemudian sumber nya? terima kasih sebelumnya


  2. aku pingin liat penelitian ini secara lengkap. gmn caranya. tlg hubungi k emailku segera y.thx



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: