h1

HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BUYUT UDIK, KECAMATAN GUNUNG SUGIH, LAMPUNG TENGAH

3 Mei 2009

Nuria Muliani

ABSTRAKSI

Latar Belakang: konsumsi makanan berpengaruh terhadap status gizi baik atau status gizi optimal terjadi bila tubuh memperoleh cukup zat – zat gizi yang digunakan secara efisien, sehingga meningkatan pertumbuhan fisik, perkembangan otak. Kemampuan kurang dan kesehatan secara umum pada tingkat setinggi mungkin. Setelah dilakukan wawancara pada orang tua anak Sekolah Dasar Negeri 2 Buyut Udik yang tidak naik kelas, diperoleh hasil bahwa sebagian besar anak yang tidak naik kelas belum mendapatkan asupan makanan  yang cukup.

Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara status gizi dengan prestasi belajar siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Buyut Udik, Kecamatan Gunung Sugih, Lampung Tengah.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Buyut Udik kelas 1, 2, dan 3 berjumlah 75 sampel. Status gizi diperoleh dari pengukuran TB/U, dimana TB diukur menggunakan microtoise dan umur siswa diperoleh dari identitas anak. Data prestasi belajar diperoleh dengan melihat nilai semua mata pelajaran pada rapor semester ganjil, yang dijumlahkan secara keseluruhan kemudian dibagi dengan jumlah mata pelajaran dan dibandingkan dengan nilai rata-rata kelompok subyek.

Hasil dan Kesimpulan: Sebagian besar siswa Sekolah Dasar Negeri Buyut Udik sebanyak 69,33%, mempunyai status gizi baik serta prestasi belajar siswa sebagian besar 49,33% adalah baik.

Terdapat hubungan yang bermakna antara status gizi dengan prestasi belajar siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Buyut Udik, Kecamatan Gunung Sugih, Lampung Tengah.

Kata Kunci: Status gizi, prestasi belajar.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

40 komentar

  1. bisa gak minta yang lengkap? karena judul skripsi saya juga berkaitan dengan status gizi dan prestasi belajar. saya butuh sumbernya untuk menunjang kajian teori saya beserta sumbernya. bisa gak minta yang lengkap secepatnya? plis? makasi sebelumnya.


  2. mbak mau pun mas bisa kah saya minta jurnal lengkap nya, saya butuh skali, karna judul saya sama , saya butuh sekali ,tolong donk…

    by emi dawati universitas STIKES SU


  3. boleh minta jurnalnya saya tertarik untuk di jadikan referensi kalu boleh kirim ke alamat e-mail saya
    trksh


  4. aslkum,, saya buth data ini bs mntol krmkn data ini ??


  5. saya mahasiswi ilmu gizi universitas respati yogyakarta. bisakah saya minta jurnal ini sebagai salah satu literatur. dikirim lewat email saya. terima kasih.


  6. boleh minta d kirimkan ke email say??? buat referensi


  7. boleh minta di kirim ke email saya gk ? soalnya saya mau mmpelajri lebih lnjut..,terima kasih sebelumnya..


  8. boleh minta di kirim ke email saya?soalnya saya mau baca labih lanjut,terima kasih sebelumnya iaa


  9. asw,mas tlong kirimkan ini ke imail sya saya butuh data ini


  10. mas,mbak
    tlg krimin k email sya y
    soalnya butuh bgt bwt referensi

    trimakasih sbelumnya


  11. mas bisa tolong kirimkan saya sekarang ini,lelengkapan skripsinya saya ingin sekali meneliti lebih lanjut tentang judul ini.

    HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 2 BUYUT UDIK, KECAMATAN GUNUNG SUGIH, LAMPUNG TENGAH


  12. boleh minta data lengkapnya gak ya??? butuh bngetz ne msalah yg berhubungan ttg gizi dan tingkat prestasi..
    mksh..


  13. mas,,tolong dikirimin dnk,,file2nya lengkap dengan alat pengukurannya,,trima ksh sebelumnya


  14. Mas,, Tolong dong yang lebih lengkapnya…..


  15. mas, q minta yang lebih Lengkapx donk… soalx saya ada tugas masalah status gizi


  16. mw dong..lengkapna…
    ada tugas skripsi..tolong bantuana yaaa..email me…tks


  17. assalamualaikum
    aya mahasiswa untan
    saya tertarik dgn judul ini untuk literatur skripsi
    bs tlong dkrim ke email saya ?mhon bntuannya
    terima kasih 🙂


  18. Bolehkah saya minta jurnalnya karena saya butuh sekali. tolong kirim ke Email saya.


  19. ingin tau lebih lengkapnya …..boleh kan???klo boleh kirimin donk.mksi seblumnya


  20. boleeehh mintaa kirim ke email sayaa.. saya ingin baca lebih lanjut tentang penelitian inii..
    terimakasih


  21. tong kirimkan saya sekarang ini,lelengkapan skripsinya saya ingin sekali meneliti lebih lanjut tentang judul ini


  22. jurnal yang anda buat sangat menarik. saya ingin liat jurnal ini secara lengkap. mohon dikirimkan jurnal ini ke email saya…. trims…….


  23. dengan tidak mengurangi rasa hormat,
    saya membutuhkan jurnal ini, jika anda tidak keberetan tolong kirimak ke alamat email saya. saya akan sangat berterimakasih dengan anda
    mohon bantuaanya


  24. jurnalnya menarik,boleh saya minta selengkapnya?bisakah dikirim ke alamat email saya??? terimakasih sebelumnya,di tungguuuuuuu bgtttttttt secepatnya……. ^_^


  25. saya sangat membutuhkan jurnal ini, mohon jika boleh kirimkan jurnal ini ke email saya. terimakasih banyak sebelumnya


  26. bisakah jurnal ini dikirim ke email saya karena saya ingin mengetahui hasil penelitian nya .


  27. tolong krimkan jurnal ini ke alamat email sya…
    krna sy juga meneliti yg bertalian dengan ini…


  28. boleh juga mas untuk nambah wawasan..
    kirim ke email saya mas


  29. saya tertarik ingin tahu tentang penelitian ini.. bisa tolong dikirimkan penelitian lengkapnya??? terima kasih


  30. saya memerlukan jurnal ini yang selengkapnya,tolong dikirim ke lamat email saya,terima kasih


  31. jurnal yang cukup menarik….

    bolehkah saya minta jurnalnya dikirim ke email saya…?ingin membacanya lebih lanjut…!trimakasih…


  32. tolong kirimin saya data-data tentang hubungan status gizi dengan tingkat prestasi siswa, saya juga akan melakukan penelitian tentang hal tersebut. Trim’s sebelumnya…


  33. saya perlu data-data tentang hubungan status gizi (IMT) terhadap tingkat prestasi, saya mau membuat skripsi, tolong kirim ke e-mail saya ya,tks banyak sebelumnya.


  34. klo blh saya mw minta hsl pnelitian lngkapnya dkirim k email saya guna referensi,,terima kasih..


  35. IMT, digunakan untuk orang dewasa… BB/U untuk anak-anak, Z-score untuk bayi dan balita.
    minta skripsinya yang lengkap dong mas/mb…


  36. saya sangat membutuhkan jurnal ini, mohon jika boleh kirimkan jurnal ini ke email saya. terimakasih banyak sebelumnya


  37. bisakah saya minta jurnal ini dikirim ke email saya?
    saya sedang meneliti tentang status gizi juga. terimakasih.


  38. mas, bisa nd sy minta file lenggkap untuk bahan referensi??makasih sebelumnya


  39. bisakah jurnal ini dikirim di alamat email saya??


  40. mW nanya ni…

    peNguKuran sTatus giZi nya kLo berdaSarkan BB/U atau IMT apa haSiLnya aKan berMakna juGa dengan pRestasi belajar?
    tRus, huBungan beRmakna tidaK nya di daPat dgn menGgunakan ruMus apa ya…

    tRiMa kaSih…



Tinggalkan komentar