h1

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG PERKEMBANGAN DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 1-5 TAHUN DI DUSUN JETIS SAPTOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA 2008

3 Mei 2009

Oleh : NANIK SUKISNI

ABSTRAKSI

Peran aktif orang tua terhadap perkembangan anak-anaknya sangat diperlukan terutama pada saat mereka masih berada dibawah usia lima tahun (Balita). Seorang anak yang baru lahir secara mutlak bergantung pada lingkungannya, supaya ia dapat melangsungkan kehidupan dan mengembangkan kemampuan dasar yang dimilikinya.

Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang perkembangan dengan perkembangan anak usia 1-5 tahun di Dusun Jetis, Saptosari, Gunungkidul yang dilakukan pada tanggal 9-23 April 2008.

Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian non eksperimen yang bersifat korelasional dengan menggunakan pendekatan Cross Sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik total sampling sejumlah 38 responden. Analisa data menggunakan korelasi Kendal Tau dengan batas kemaknaan p <0,05.

Uji statistik bedasarkan hasil korelasi Kendal Tau menunjukkan nilai koefisien kontingensi sebesar 0,574 dengan taraf signifikansi 0,01 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa ho atau hipotesa nihil ditolak dan menunjukkan adanya hubungan yang bermakna antara hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang perkembangan dengan perkembangan anak usia 1-5 tahun.

Kata Kunci : Pengetahuan, Perkembangan, Anak usia 1-5 tahun

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

Satu komentar

  1. giman caranya dapat softcopynya secara lengkap, dan apa aja buku2 referensinya?terimakasih



Tinggalkan komentar