PENGARUH KUALITAS JAMKESMAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2008
4 Mei 2009SRI SUSAN SUCIATI
ABSTRAK
Latar belakang : Hasil observasi langsung, adanya penemuan fenomena berupa keluhan pasien mengenai pelayanan yang pasien rasakan di RSUD Kota Yogyakarta, banyaknya kesalahan dalam memberikan pelayanan, petugas kesehatan kurang menunjukan rasa kepedulian hal itu dikarenakan petugas terlalu sibuk yang menyebabkan sikap petugas yang kurang ramah di RSUD Kota Yogyakarta. Tujuan : Untuk mengetahui Pengaruh kualitas pelayanan JAMKESMAS terhadap kepuasan pasien rawat jalan di RSUD Kota Yogyakarta.
Metode Penelitian : Merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasinya pasien JAMKESMAS rawat jalan RSUD Kota Yogyakarta dengan sampel penelitian sejumlah 89 responden yang didapat secara purposive sampling yang memenuhi kriteria subyek penelitian, tempat penelitian di ruang tunggu pasien rawat jalan RSUD Kota Yogyakarta, waktu penelitian pada bulan Juni 2008. Variabel bebas adalah kualitas pelayanan JAMKESMAS yang meliputi dimensi tangibles, reliability, resvonsiveness, assurance, emphaty, dan variabel terikat adalah kepuasan pasien. Alat ukur penelitian berupa kuesioner yang terdiri 25 item pertanyaan, yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas.
Hasil Penelitian : (1) Dari tabel pengujian secara serempak terhadap semua koefisien regresi (uji F), diketahui nilai F hitung 61,427. (2) Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,787 atau 78,7%. Hasil ini menunjukkan bahwa kelima dimensi independen mutu mampu menjelaskan 78.7% variasi yang terjadi pada variabel dependen pasien JAMKESMAS rawat jalan di RSUD Kota Yogyakarta, sedangkan sisanya sebesar 21.3% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan. koefisien analisis regresi dapat diketahui persamaan umum regresi dimana variabel yang paling berpengaruh adalah variabel assurance sebesar 0.795 dan di ikuti variabel emphaty, responsiveness, tangibles, dan reliability , maka persamaan umum regresinya adalah Y = – 4.988 + 0,285 X1 + 0,187 X2 + 0.457X3 + 0.795 X4 + 0.572 X5.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan JAMKESMAS, Kepuasan Pasien JAMKESMAS.
Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda
saya tertarik dengan judul anda apa bisa saya minta file selengkapnya, terimakasih
oleh markus 28 November 2014 at 02:20saya tertarik judul ini mohon kirimkan filenya yg lengkap terima kasih
oleh ishak 10 November 2013 at 01:59saya mahasiswa akhir,bisa kirimkan buat saya file na bu,judul skripsi sya hampir sma dengan ini,karna sya memang tertarik dlam penelitian tingkat kepuasan ne,makasih bu
oleh dhea evhelyn 7 September 2013 at 04:05ass….mba saya minta di kiirim selengkapnya yah mba agar bisa memenuhi tugas kul saya,terima kasih mba…
oleh iisislamiyah90@gmail.com 14 Juni 2013 at 13:54saya sangat tertarik dengan kajian ini, karena saya memang akan mengangkat tema ini untuk penelitian saya,, mohon dibantu..bagaimana bisa saya dapatkan selengkapnya?
oleh putri 14 Maret 2013 at 12:21trimakasih bu..
assalamualaikum wr wb,
oleh faisal 9 Maret 2013 at 15:55bolehkah saya ingin melihat lengkapnya,
untuk refrensi tugas skripsi kuliah saya. Saya mohon
Terima Kasih
Wassalam
Nama saya fitri,saya tertarik dg judul ini,dan sy akan meneliti mengenai jamkesmas di daerah sy,bisa kira nya sy meminta file lengkap nya,trima kasih.
oleh fitrie 9 Februari 2013 at 13:23Tolong kirimkan saya, saya tertarik untuk membahasnya
oleh Nevaa Arunika Utami 25 November 2012 at 13:49Saya mahasiswa administrasi rumah sakit dan sangat tertarik dengan penelitian ibu Sri, kebetulan saya sedang penelitian untuk tesis tentang program Jamkesmas, kalau boleh saya mohon dikirimkan file lengkap ke email saya, terima kasih ya bu…..
oleh Antoni Tarigan 6 November 2012 at 16:34sya trtarik dngan penelitian ini,mohon dikirim copiannya .terimakasih
oleh harry 7 Juli 2012 at 12:31mlm mba, apa boleh sy dikirimin copy pembahasannya, utk dijadikan referensi.tK
oleh merry k 11 April 2012 at 14:22saya sangat tertarik dengan kajian ini, karena saya memang akan mengangkat tema ini untuk penelitian saya,, mohon dibantu..bagaimana bisa saya dapatkan selengkapnya?
oleh Bhisma 16 Januari 2012 at 03:39trimakasih bu..
saya mahasiswa kesmas sedang mempersiapkan skripsi, saya sangat memerlukan referensi skripsi mengenai jamkesmas beserta angket atau kuesionernya. mohon kirim copy filenya ..terimakasih
oleh ratu nunung 14 Januari 2012 at 09:45Ibu Sri, saya tertarik dngn judul penelitian ibu..kebetulan judul saya variabelnya mirip dengan judul penelitian ibu. Kalau boleh saya minta copy penelitian ibu selengkapnya..terimakasih
oleh ady 5 Januari 2012 at 08:11saya sebagai mehasiswa kesehatan yang sedang melakukan penelitian mengenai program JAMKESMAS berharap bantuannya dengan mengirim filenya sekaligus quesionerx sebagai acuan saya meneliti program JAMKESMAS.. terima kasih sebelumnya..
oleh ari andriansyah 15 Desember 2011 at 12:33mba boleh ngirim bab II dan bab III nya???? krn skripsi sya menggunakan program jampersal nya
oleh silvi eka 13 Desember 2011 at 04:48Bu saya tertarik dengan penelitiannya, mohon dikirimkan copy-nya. Terima kasih
oleh Siswandi Kadam 3 Oktober 2011 at 06:16ibu sri susan saya tertarik dengan judul penelitian anda. dan saya akan menjadikan referensi untukskripsi saya. mohon bantuanya dengan mengirimkan file ke email saya
oleh Jefri Efendy 13 September 2011 at 16:52salam mahasiswa,,, bisa tolong krimin latar belakang atau copyan krn saya mau meneliti sama seperti anda…trims
oleh yogi trilaksono 23 Maret 2010 at 09:55saya sangat tertarik dengan kajian ini, karena saya memang akan mengangkat tema ini untuk penelitian saya,, mohon dibantu..bagaimana bisa saya dapatkan selengkapnya?
oleh Silvia F Nurusshobah 13 Maret 2010 at 07:00trimakasih bu..
Ibu Susan, saya tertarik untuk membaca filenya berikut daftar kuesioner-nya, mohon bisa dikirimkan ya, terima kasih banyak
oleh diah 12 Januari 2010 at 03:15Diah
alhamdulillah saya meneumkan hasil penelitian untuk, melengkapi kajian saya.saya mohon dikirim file nya mba,sebelumnya saya mengucapkan terimakasih
oleh Iman Subasman 27 Desember 2009 at 09:08saya ingin membaca penelitian ini lebih lanjut, tolong kirimkan file lengkapnya.terimakasih
oleh Ruzi Nasrul 27 Desember 2009 at 08:26sangat menarik judul yg ka2 teliti, oleh karena itu saya juga berniat meneliti tntang kepuasan pasien jamkesmas di daerah saya (makassar)maka dari itu saya harap ka2 bisa kirim copyan filenya ke email saya.
oleh darmawati 20 Desember 2009 at 11:40terimakasih…..
hallo,sy ingin membaca penelitian ini lebih lanjut ,tolong kirim copyan nya yah, trims
oleh imelda 1 Desember 2009 at 04:02Saya sangat tertarik dengan penelitian anda tentang kinerja program Jamkesmas, khususnya yang ada di Yogyakarta. Untuk itu saya memohon agar anda bersedia mengirimi file copy-an nya ke e-mail saya. Terimakasih atas perhatiannya.Mohon maaf jika merepotkan.
oleh jesica 30 November 2009 at 03:19tolong copyannya gmn caranya???
oleh retno wulansari 11 November 2009 at 12:44halo Ibu sri susan suciati,
oleh aldireza 2 November 2009 at 16:26saya sangat tertarik dan berminat untuk mendapatkan bukti empiris tentang pelayanan Jamkesmas di Indonesia seperti dalam penelitian ini, dan saat ini saya sedang meneliti untuk thesis saya mengenai evaluasi penerapan Jamkesmas, dan apabila memungkinkan saya ingin membaca penelitian ini lebih lengkap.
terima kasih atas bantuannya
Salam sejawat.. saya ingin meneliti kurang lebih sama seperti kerangka yang digunakan pada penelitian di atas untuk RS PKU Muhammadiyah Gombong. Bisa kiranya saya minta copy nya untuk bahan acuan saya? Trims
oleh dokter monte 10 Oktober 2009 at 23:59saya ingin membaca penelitian ini lebih lanjut, tolong kirimkan file lengkapnya.terimakasih
oleh dodo 21 September 2009 at 17:35nmaa saya nita, saya tertarik akan judl ini mohon kirimkan copi-anny, terima kasih
oleh nita 8 Agustus 2009 at 13:10saya tertarik dengan penelitian ini dan ingin membacanya lebih lanjut.bisa tolong dikirimkan copy-annya?trima ksh
oleh yunus 30 Juli 2009 at 01:33