h1

PENGARUH KUALITAS JAMKESMAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2008

4 Mei 2009

SRI SUSAN SUCIATI

ABSTRAK

Latar belakang : Hasil observasi langsung, adanya penemuan fenomena berupa keluhan pasien mengenai pelayanan yang pasien rasakan di RSUD Kota Yogyakarta, banyaknya kesalahan dalam memberikan pelayanan, petugas kesehatan kurang menunjukan rasa kepedulian hal itu dikarenakan petugas terlalu sibuk yang menyebabkan  sikap petugas yang  kurang ramah di RSUD Kota Yogyakarta. Tujuan : Untuk mengetahui Pengaruh kualitas pelayanan JAMKESMAS terhadap kepuasan pasien rawat jalan di RSUD Kota Yogyakarta.

Metode Penelitian : Merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasinya pasien JAMKESMAS rawat jalan RSUD Kota Yogyakarta dengan sampel penelitian sejumlah 89 responden yang didapat secara purposive sampling yang memenuhi kriteria subyek penelitian, tempat penelitian di ruang tunggu pasien rawat jalan RSUD Kota Yogyakarta, waktu penelitian pada bulan Juni 2008. Variabel bebas adalah kualitas pelayanan JAMKESMAS yang meliputi dimensi tangibles, reliability, resvonsiveness, assurance, emphaty, dan variabel terikat adalah kepuasan pasien. Alat ukur penelitian berupa kuesioner yang terdiri 25 item pertanyaan, yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas.

Hasil Penelitian : (1) Dari tabel pengujian secara serempak terhadap semua koefisien regresi (uji F), diketahui nilai F hitung 61,427. (2) Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,787 atau 78,7%. Hasil ini menunjukkan bahwa kelima dimensi independen mutu  mampu menjelaskan 78.7% variasi yang terjadi pada variabel dependen pasien JAMKESMAS  rawat jalan di  RSUD Kota Yogyakarta, sedangkan sisanya sebesar 21.3% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan. koefisien analisis regresi dapat diketahui persamaan umum regresi dimana variabel  yang paling berpengaruh adalah variabel assurance sebesar 0.795 dan di ikuti variabel emphaty, responsiveness, tangibles, dan reliability , maka persamaan umum regresinya adalah Y = – 4.988 + 0,285 X1 + 0,187 X2 + 0.457X3 + 0.795 X4 + 0.572 X5.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan JAMKESMAS, Kepuasan Pasien JAMKESMAS.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

32 komentar

  1. saya tertarik dengan judul anda apa bisa saya minta file selengkapnya, terimakasih


  2. saya tertarik judul ini mohon kirimkan filenya yg lengkap terima kasih


  3. saya mahasiswa akhir,bisa kirimkan buat saya file na bu,judul skripsi sya hampir sma dengan ini,karna sya memang tertarik dlam penelitian tingkat kepuasan ne,makasih bu


  4. ass….mba saya minta di kiirim selengkapnya yah mba agar bisa memenuhi tugas kul saya,terima kasih mba…


  5. saya sangat tertarik dengan kajian ini, karena saya memang akan mengangkat tema ini untuk penelitian saya,, mohon dibantu..bagaimana bisa saya dapatkan selengkapnya?
    trimakasih bu..


  6. assalamualaikum wr wb,
    bolehkah saya ingin melihat lengkapnya,
    untuk refrensi tugas skripsi kuliah saya. Saya mohon
    Terima Kasih
    Wassalam


  7. Nama saya fitri,saya tertarik dg judul ini,dan sy akan meneliti mengenai jamkesmas di daerah sy,bisa kira nya sy meminta file lengkap nya,trima kasih.


  8. Tolong kirimkan saya, saya tertarik untuk membahasnya


  9. Saya mahasiswa administrasi rumah sakit dan sangat tertarik dengan penelitian ibu Sri, kebetulan saya sedang penelitian untuk tesis tentang program Jamkesmas, kalau boleh saya mohon dikirimkan file lengkap ke email saya, terima kasih ya bu…..


  10. sya trtarik dngan penelitian ini,mohon dikirim copiannya .terimakasih


  11. mlm mba, apa boleh sy dikirimin copy pembahasannya, utk dijadikan referensi.tK


  12. saya sangat tertarik dengan kajian ini, karena saya memang akan mengangkat tema ini untuk penelitian saya,, mohon dibantu..bagaimana bisa saya dapatkan selengkapnya?
    trimakasih bu..


  13. saya mahasiswa kesmas sedang mempersiapkan skripsi, saya sangat memerlukan referensi skripsi mengenai jamkesmas beserta angket atau kuesionernya. mohon kirim copy filenya ..terimakasih


  14. Ibu Sri, saya tertarik dngn judul penelitian ibu..kebetulan judul saya variabelnya mirip dengan judul penelitian ibu. Kalau boleh saya minta copy penelitian ibu selengkapnya..terimakasih


  15. saya sebagai mehasiswa kesehatan yang sedang melakukan penelitian mengenai program JAMKESMAS berharap bantuannya dengan mengirim filenya sekaligus quesionerx sebagai acuan saya meneliti program JAMKESMAS.. terima kasih sebelumnya..


  16. mba boleh ngirim bab II dan bab III nya???? krn skripsi sya menggunakan program jampersal nya


  17. Bu saya tertarik dengan penelitiannya, mohon dikirimkan copy-nya. Terima kasih


  18. ibu sri susan saya tertarik dengan judul penelitian anda. dan saya akan menjadikan referensi untukskripsi saya. mohon bantuanya dengan mengirimkan file ke email saya


  19. salam mahasiswa,,, bisa tolong krimin latar belakang atau copyan krn saya mau meneliti sama seperti anda…trims


  20. saya sangat tertarik dengan kajian ini, karena saya memang akan mengangkat tema ini untuk penelitian saya,, mohon dibantu..bagaimana bisa saya dapatkan selengkapnya?
    trimakasih bu..


  21. Ibu Susan, saya tertarik untuk membaca filenya berikut daftar kuesioner-nya, mohon bisa dikirimkan ya, terima kasih banyak
    Diah


  22. alhamdulillah saya meneumkan hasil penelitian untuk, melengkapi kajian saya.saya mohon dikirim file nya mba,sebelumnya saya mengucapkan terimakasih


  23. saya ingin membaca penelitian ini lebih lanjut, tolong kirimkan file lengkapnya.terimakasih


  24. sangat menarik judul yg ka2 teliti, oleh karena itu saya juga berniat meneliti tntang kepuasan pasien jamkesmas di daerah saya (makassar)maka dari itu saya harap ka2 bisa kirim copyan filenya ke email saya.
    terimakasih…..


  25. hallo,sy ingin membaca penelitian ini lebih lanjut ,tolong kirim copyan nya yah, trims


  26. Saya sangat tertarik dengan penelitian anda tentang kinerja program Jamkesmas, khususnya yang ada di Yogyakarta. Untuk itu saya memohon agar anda bersedia mengirimi file copy-an nya ke e-mail saya. Terimakasih atas perhatiannya.Mohon maaf jika merepotkan.


  27. tolong copyannya gmn caranya???


  28. halo Ibu sri susan suciati,
    saya sangat tertarik dan berminat untuk mendapatkan bukti empiris tentang pelayanan Jamkesmas di Indonesia seperti dalam penelitian ini, dan saat ini saya sedang meneliti untuk thesis saya mengenai evaluasi penerapan Jamkesmas, dan apabila memungkinkan saya ingin membaca penelitian ini lebih lengkap.
    terima kasih atas bantuannya


  29. Salam sejawat.. saya ingin meneliti kurang lebih sama seperti kerangka yang digunakan pada penelitian di atas untuk RS PKU Muhammadiyah Gombong. Bisa kiranya saya minta copy nya untuk bahan acuan saya? Trims


  30. saya ingin membaca penelitian ini lebih lanjut, tolong kirimkan file lengkapnya.terimakasih


  31. nmaa saya nita, saya tertarik akan judl ini mohon kirimkan copi-anny, terima kasih


  32. saya tertarik dengan penelitian ini dan ingin membacanya lebih lanjut.bisa tolong dikirimkan copy-annya?trima ksh



Tinggalkan komentar