h1

PENGARUH KOMUNIKASI DAN PERSEPSI KONDISI LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PERAWAT DI RSD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL TAHUN 2008

4 Mei 2009

Oleh: Ni Luh Putu Ika Rustina Dewi

ABSTRAK

Rumah sakit dituntut untuk menyediakan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat dengan sumber daya terbatas yang dimilikinya. Tenaga perawat merupakan salah satu unsur penting yang mempunyai kontribusi besar bagi pelayanan kesehatan, mempunyai peranan penting untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan.

Salah satu bentuk permasalahan yang ada di RSD Panembahan diantaranya produktivitas kerja perawat yang kurang maksimal, kurangnya hubungan komunikasi antar sesama perawat yang dilihat dari frekuensi bertegur sapa, komunikasi dengan atasan serta persepsi kondisi lingkungan kerja yang kurang nyaman yang dilihat dari luas ruang jaga perawat. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian tentang “Pengaruh Komunikasi dan Persepsi Kondisi Lingkungan Kerja terhadap Produktivitas Kerja Perawat di RSD Panembahan Senopati Bantul Tahun 2008”. Dalam penelitian ini berdasarkan data sekunder rumah sakit Panembahan Senopati Bantul tahun 2007, populasi yang diambil adalah perawat dengan jumlah 138 orang dan besarnya sampel sebanyak 103 orang. Analisis data menggunakan regresi linear berganda, uji t, dan uji F.

Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan pembahasan mengenai pengaruh antara komunikasi dan persepsi kondisi lingkungan kerja terhadap produktivitas kerja perawat di RSD Panembahan Senopati Bantul sebagai berikut: Hasil analisis uji simultan didapatkan nilai Fhitung: 46,228 > Ftabel: 3,936 dan disimpulkan komunikasi dan persepsi kondisi lingkungan kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap produktivitas kerja perawat di RSD Panembahan Senopati Bantul. Sedangkan hasil analisis uji secara individual (Uji t) untuk variabel komunikasi, diperoleh hasil thitung > ttabel yaitu 4,622 > 1,984. Artinya komunikasi memberikan pengaruh terhadap produktivitas kerja perawat di RSD Panembahan Senopati Bantul. Hasil analisis uji secara individual (Uji t) pada persepsi kondisi lingkungan kerja, diperoleh hasil thitung > ttabel yaitu 3,545 >1,984. Artinya persepsi kondisi lingkungan kerja memberikan pengaruh terhadap produktivitas kerja perawat di RSD Panembahan Senopati Bantul. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,480 artinya 48% produktivitas kerja perawat di RSD Panembahan Senopati Bantul dipengaruhi oleh komunikasi dan persepsi kondisi lingkungan kerja. Sisanya sebesar 52% produktivitas kerja perawat di RSD Panembahan Senopati Bantul dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.

Kata Kunci : Komunikasi, Persepsi lingkungan kerja, Produktivitas, Perawat.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

2 komentar

  1. saya butuh yang lengkapnya, mohon ijin minta yang lengkapnya


  2. Gimana dapat filenya yang lengkap, plez. trims



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: