h1

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG MAKANAN PENDAMPING ASI DENGAN KETEPATAN WAKTU PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI DI PUSKESMAS KEBAKKRAMAT KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2008

3 Mei 2009

SURTINI

ABSTRAKSI

Pada bayi dan anak, kekurangan gizi akan menimbulkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan yang pesat, sehingga kerap diistilahkan sebagai periode emas sekaligus periode kritis. Bila anak mendapat asupan gizi yang sesuai untuk tumbuh kembang optimal periode emas akan terwujud dan sebaliknya apabila kurang tepat dalam memberikan asupan gizi tersebut sesuai dengan periodenya. Untuk itu WHO/UNICEF merekomendasikan memberikan ASI eksklusif sejak lahir sampai bayi umur 6 bulan dan setelahnya dengan  memberikan makanan pendamping ASI sejak usia 6 sampai 24 bulan atau lebih.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan Ibu tentang makanan pendamping ASI dengan ketepatan waktu pemberian Makanan Pendamping ASI di Puskesmas Kebakkramat II Kabupaten Karanganyar tahun 2008. Dengan diketahuinya gambaran tingkat pengetahuan, diharapkan dapat menjadi masukan bagi petugas gizi dan para bidan dalam pemberian penyuluhan tentang pentingnya pemberian makanan pendamping ASI dan ketepatan pelaksanaannya. populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu-ibu yang mempunyai bayi atau balita yang berkunjung di Puskesmas wilayah Kebakkramat II yang jumlahnya sebanyak 60 orang.

Berdasarkan hasil pengujian dengan korelasi didapatkan nilai r hitung = 0,705 setelah dikonsultasikan dengan r tabel teoritis dengan N = 40, dan a = 0,05 didapatkan r tabel = 0,312. Dengan demikian didapatkan r hitung (Spearman rank) = 0,705 > r tabel 0,312, atau r < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan tentang makanan pendamping ASI dengan pelaksanaan pemberian makanan pendamping ASI pada ibu bayi di Puskesmas Kebakkramat kabupaten Karanganyar dengan Pelaksanaan Pemberian ASI.

Kata kunci: pengetahuan, pelaksanaan, makanan pendamping, ASI

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

8 komentar

  1. ??


  2. selamat sore,
    saya mahasiswa gizi poltekkes kemenkes saya tertarik dengan judul
    hubungan tingkat pengetahuan ibu dan ketepatan waktu pemberian makan pendapig asi bayi usia 6-24 bulan dipuskemas tawangmangu,,
    bisa kirim kan jurnal ya ke email saya??
    terimakasih sebelumya,, 🙂


  3. kalau mau butuh lengkap bisa???


  4. ASsalamualaikum,sya mahasiswa STIKES YATSI tangerang.saya tertarik dengan judul ini untuk literatur skripsi bsa tolong dkirimin ke email saya klw bisa secepatnya?mohon bantuannya ^_^


  5. assalammualaikum….
    tolong bantu saya,, karna saya butuh data tentang ini…..
    bisa tolong kirimkan data ini ke email saya???

    terimakasih


  6. assalamu’alaikum..
    tlong bantu saya,,
    saya butuh data tentang ini..
    bisa tlong krim data ini k email saya..


  7. assalamualaikum
    aya mahasiswa untan
    saya tertarik dgn judul ini untuk literatur skripsi
    bs tlong dkrim ke email saya ?mhon bntuannya
    terima kasih 🙂


  8. pengaruh penyuluhan dan sikap ibu dalam pemberian mp-asi



Tinggalkan komentar