h1

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT PASIEN DALAM MENGGUNAKAN ULANG JASA PELAYANAN DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT ISLAM YOGYKARTA PERSAUDARAAN DJAMA’AH HAJI INDONESIA (RSIY PDHI) YOGYAKARTA TAHUN 2008

4 Mei 2009

ABSTRAK

Berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh penulis, fasilitas dan pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit ini masih kurang. Kaitan pelayanan dengan minat pasien memiliki nilai penting karena keduanya saling berpengaruh dalam meningkatkan pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan dan untuk mengukur minat pasien dalam menggunakan ulang jasa pelayanan di instalasi rawat inap Rumah Sakit Islam Yogyakarta Persaudaraan Djama’ah Haji Indonesia (RSIY PDHI) Yogyakarta. Dengan menggunakan dimensi kualitas pelayanan yang meliputi : reliability, responsiveness, assurance, emphaty, dan tangible.

Jenis penelitian ini adalah penelitian survei bersifat asosiatif kausal (sebab akibat) dengan rancangan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap Rumah Sakit Islam Yogyakarta Persaudaraan Djama’ah Haji Indonesia (RSIY PDHI) Yogyakarta pada bulan Desember 2007 sebanyak 116 pasien. Sampel yang digunakan untuk mewakili populasi sebanyak 89 pasien. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Kemudian pengumpulan data menggunakan teknik dan instrumen kuesioner atau angket yang teruji validitas dan reliabilitasnya. Sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif berupa perhitungan prosentase dan analisis kuantitatif berupa analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, dan uji koefisien determinasi (uji R2) dengan bantuan program SPSS 11.50.

Dari penelitian dan analisis yang dilakukan diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap minat pasien dalam menggunakan ulang jasa pelayanan di instalasi rawat inap Rumah Sakit Islam Yogyakarta Persaudaraan Djama’ah Haji Indonesia (RSIY PDHI) Yogyakarta. Hal ini terbukti dari hasil analisis uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 26,012 > dari nilai F tabel 2,37 dengan tingkat signifikan 5%.

Kata kunci : Kualitas pelayanan, minat pasien

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

2 komentar

  1. ass…. apa bisa liat skripsi lengkapnya. tkb sebelumnya


  2. Kualitas pelayanan, minat pasien
    kalo bisa kirimkan ke mail saya ya skripsi lengkapnya,, beserta syarat2nya



Tinggalkan komentar